Sharing Tatakelola Perpustakaan Unggul di Unissula Semarang

0


Tatakelola perpustakaan menjadi perhatian serius bagi setiap lembaga perguruan tinggi yang memiliki visi-misi maju ke depan. Hal itu terlihat dari Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang yang memiliki perpustakaan dengan akreditasi A atau unggul sehingga menjadi salah satu rujukan pustakawan di Jawa Tengah. Pada saat yang sama, Institut Pesantren Mathaliul Falah (Ipmafa) Pati juga memiliki perpustakaan yang mendapat perhatian serupa. Meski tergolong kampus kecil, perpustakaan Ipmafa termasuk menjadi rujukan beberapa kampus dari Kabupaten Pati.

Untuk itu, kedua Perguruan Tinggi melakukan sharing bersama terkait pengelolaan perpustakaan kampus yang unggul. Ini dilakukan di sela-sela kunjungan tim manajemen Ipmafa di kampus Unissula untuk membahas implementasi sistem akademik kampus, Senin (8/1/2024). Dalam tim tersebut tampak Dekan Fakultas Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Ipmafa Ibu Sri Naharin, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Imam Adzroi dan sejumlah petugas lain dari Prodi, TU Fakultas dan bagian IT.

Tatakelola Perpustakaan Unggul

Dalam kesempatan itu, tim Ipmafa diajak melihat langsung bagaimana pengelolaan perpustakaan di kampus Unissula mulai dari pengolahan buku, layanan sirkulasi, pemanfaatan IT, dan beberapa infrastruktur pendukung yang menjadikan perpustakaan di lingkungan Unissula terasa nyaman dan ramah pembaca. Sesuai slogan visinya, Unissula memiliki visi Library is the Heart of the University. Bersama Pustakawan Unissula Eti Sumiati, rombongan Ipmafa dipandu menjelajahi setiap sudut layanan yang ada di perpustakaan Unissula.

Keunggulan perpustakaan Unissula tercermin dari beberapa hal seperti tersedianya SDM pustakawan yang kompeten, kesiapan teknologi, dan beberapa fasilitas yang mendukung kenyamanan dan kelengkapan dunia baca. Di perpustakaan Unissula terdapat studio podcast, ruang literasi kajian keislaman, ruang karel, ruang smart lab, BI Corner, dan bahkan juga ada ruang untuk hiburan yaitu ruang audio visual yang dapat dipakai untuk nonton film premium yang edukatif.

Selain memiliki kelengkapan koleksi lebih dari 30000 eksemplar buku, perpustakaan Unissula juga melakukan beberapa inovasi kreatif di lingkungan kampus seperti barrier gate untuk untuk menghitung jumlah pengunjung, membangun aplikasi smart campus, dan menyediakan layanan DELICIOUS (Delivery and Pick up Book Service for Us) yakni layanan antar jemput buku yang diperuntukkan bagi dosen dan karyawan kampus. Dengan begitu, dosen dan karyawan dimanjakan dengan fasilitas membaca yang nyaman dan mudah.



0

No comments

Post a Comment

IG IPMAFA

blogger

DON'T MISS

Podcast, Video, HMPS
KPI IPMAFA © all rights reserved
Designed by KPI Studio