Yuk Siapkan Skripsi Lebih Awal

Skripsi adalah ujian terakhir mahasiswa untuk dapat menyelesaikan kuliahnya dan mendapatkan gelar sarjana. Segala perjuangan yang dihabiskan dari semester 1 sampai 7 akan sia-sia jika mahasiswa tidak mampu menyelesaikan skripsinya. Meski tinggal selangkah lagi dalam menyelesaikan kuliah, mahasiswa bisa menjadi malas menghadapi skripsi karena ini memang tahapan yang tidak biasa dan berbeda dari kegiatan kuliah sebelumnya. Sebagian mahasiswa bahkan menganggap skripsi menjadi sesuatu yang menakutkan sehingga rasa takut muncul lalu muncul rasa malas.

Oleh sebab itu, kewajiban skripsi harus disikapi secara positif. Akan sangat percuma sudah menghabiskan waktu bertahun-tahun kuliah tetapi pada akhirnya tidak mampu menyelesaikan dengan sempurna gara-gara penulisan skripsi. Sayang sekali kan jika biaya kuliah, waktu, tenaga dan pikiran, bahkan dukungan keluarga selama kuliah menjadi tidak berarti apa-apa.

Menyelesaikan skripsi harus diupayakan secepat mungkin agar masa kuliah dapat selesai tepat waktu atau bahkan lebih cepat. Di Ipmafa durasi yang normal untuk kuliah menghabiskan waktu 8 semester atau 4 tahun. Tetapi sebagian mahasiswa dapat menyelesaikan kuliah di semester 7 jika semua persyaratan terpenuhi seperti lulus di semua matakuliah dan dapat menyelesaikan skripsi di semester 7. 

Matakuliah keilmuan akan habis di semester 6 yang dilanjutkan dengan KKK (praktek lapangan) di semester 7 selama kurang lebih 1,5 sampai 3 bulan. Setelah itu mahasiswa diwajibkan menyelesaikan skripsi di sisa waktu yang ada yaitu normalnya di semester 8. Tetapi jika mengikuti alur ini, sebagian mahasiswa biasanya kesulitan mengejar target selesai di semester 8 karena beberapa tahapan yang harus dilalui seperti pemilihan judul, penulisan proposal dan sidang, bimbingan, perbaikan dan penulisan skripsi yang kadang bertabrakan dengan kegiatan lain. Akhirnya, target semester 8 selesai menjadi meleset menjadi semester 9 atau bahkan lebih.

Oleh sebab itu, penulisan skripsi sebaiknya disiapkan oleh mahasiswa lebih awal yaitu di semester 6 atau 7 dengan mencari-cari judul yang relevan sambil berkonsultasi dengan dosen pembimbing. Jika judul skripsi sudah disetujui oleh Prodi maka dapat langsung membuat proposal skripsi untuk disidangkan dan dilanjutkan dengan penulisan skripsi. Proses penulisan dan bimbingan tentu tidak bisa singkat karena harus menyesuaikan dengan waktu dosen pembimbing. Maka jika penulisan skripsi dimulai di semester 8 dimungkinkan tidak cukup waktu untuk menyelesaikan segala prosesnya dalam semester yang sama. 

So, sebagai mahasiswa siapkan skripsimu lebih awal dengan sering berkonsultasi dengan dosen pembimbing dan sering membaca-baca artikel atau jurnal yang berkaitan dengan kompetensi di KPI. Hal itu akan memudahkanmu dalam memberi inspirasi dan wawasan sehingga mudah memilih judul skripsi sekaligus penulisannya. Ingat, skripsi yang baik adalah skripsi yang selesai. Salam sukses slalu!!!

Post a Comment

0 Comments