Header Ads

Header Ads

Spek PC Yang Cocok Untuk Video Editing


Dalam dunia broadcasting, produksi konten dapat maksimal jika didukung oleh perangkat yang memadai. Salah satu perangkat tersebut adalah komputer/PC yang dipakai untuk editing video. Untuk itu, diperlukan spesifikasi PC yang menunjang semua proses editing yang dibutuhkan seperti: menjalankan software adobe premiere, after effects, memasukkan audio, rendering dan lain sebagainya.

Nah, untuk spesifikasi PC yang dapat memenuhi kebutuhan di atas dapat dijelaskan sbb:
  1. VGA Card DDR5/2GB/64-128BIT: Untuk mengedit video sangat diperlukan adanya VGA yang memadai. Standar minimal VGA Card yang dibutuhkan adalah 2GB, syukur-syukur bisa 4GB. Jenis modelnya minimal menggunakan DDR5 karena software yang dipakai menggunakan versi yang terbaru.
  2. RAM/Memory: Selain VGA card, RAM yang juga diperlukan dalam proses editing video. Kinerja RAM yang bersamaan dengan VGA dapat membuat proses editing menjadi ringan dan mudah. Dalam hal ini, ukuran RAM minimal adalah 8-16 GB.
  3. Processor: Untuk video, disarankan minimal menggunakan 4 Core (core i3). Prosesor ini sangat dibutuhkan pada saat rendering file yang biasanya membutuhkan waktu cukup lama. Rendering ini pasti dilakukan paska editing untuk menghasilkan hasil jadi (konversi) dari video mentah yang dibuat. Pada saat proses render file, maka kerjanya bergantung pada peran prosesor yang dibantu oleh memori/RAM yang tinggi sekaligus SSD drive .
Jadi dapat disimpulkan bahwa proses editing yang dibutuhkan adalah VGA dan RAM yang memadai. Sementara untuk proses rendering yang dibutuhkan adalah processor yang tinggi dengan dibantu oleh SSD drive dan memori. Untuk jenis VGA yang baik bermacam-macam meliputi yang merek Invidia: 1050MB/4GBTi/1060-3/6GB. Sedangkan merek Radeon bisa RX560-4GB/570/580

Sedangkan untuk pemilihan Motherboard (Mobo) mengenai mereknya bebas. Yang terpenting adalah sudah menyediakan dual channel yakni 4x2 atau 8x2 atau 16x2. Jadi kunci utama dalam proses video editing adalah 2 yaitu VGA dan RAM.

Terakhir, hal yang tidak kalah pentingnya adalah power supply (PSU). Untuk memilih PSU yang tepat ditentukan pada model VGA card yang digunakan dalam PC. Itu karena dalam editing video, power paling banyak yang dibutuhkan adalah dari VGA card. Untuk VGA card 1050MB/4GBTi, maka bisa memakai PSU 350-450 (80 plus). Sedangkan VGA card 4GBTi/1060-3/6GB membutuhkan PSU 500