Header Ads

Header Ads

Kegiatan Reporter & Presenter Dalam Liputan Berita : Seru dan Menantang


Sebuah berita yang baik membutuhkan beberapa proses dan tahapan meliputi bagaimana sebuah berita didapat, diolah dan kemudian disajikan dalam tayangan berita di layar TV. Proses tersebut bisa dibilang panjang dan melibatkan berbagai bagian khususnya seorang reporter dan juru kamera sebagai ujung tombak dalam sebuah peliputan.

Di situlah beberapa tantangan yang harus dilalui. Seorang reporter di lapangan harus berburu narasumber dan data di lapangan. Mewawancarai narasumber dari berbagai kalangan serta menggali data yang valid kemudian dinarasikan supaya pesan dan informasi yang dihadirkan dapat diterima oleh pemirsa.


Terkadang semuanya terasa mudah dan terkadang susah. Di lapangan, reporter ditantang untuk berinisiatif mengembangkan sendiri peliputan sehingga mendapatkan data yang lengkap dan gambar terbaik. Beberapa perolehan berita di lapangan dari berbagai tempat didata yang selanjutnya dipilih berita terbaik yang akan ditayangkan. Namun sebelum tayang, berita akan melalui proses editing meliputi pemilihan gambar yang disesuaikan dengan naskah berita.

Sebelum tampil di layar kaca, presenter mempersiapkan diri di ruang make up karena Ia harus dalam penampilan terbaik saat membawakan berita di hadapan pemirsa. Begitulah beberapa proses produksi berita secara sederhana. Tentu itu semua menjadi tantangan sekaligus hiburan bagi mereka yang hobi dalam dunia siaran dan jurnalistik. Semua proses disiapkan dengan baik agar siaran dan penayangan berita berjalan lancar. Presenter dapat membacakan berita dan tayangan berita pun sampai ke hadapan Anda semua.