Header Ads

Header Ads

Maksimalkan Kuliah Online, KPI Ipmafa Bekali Mahasiswa Dengan Video Conference & E-Learning


Sejak merebaknya virus Covid-19, pembelajaran online menjadi alternatif paling efektif digunakan dalam kegiatan belajar mengajar di banyak lembaga pendidikan. Tak terkecuali di Ipmafa Pati sebagai kampus modern dan selalu adaptif dalam menerapkan sistem pendidikan berbasis IT.

Sejalan dengan itu, Kaprodi KPI Ipmafa Isyrokh Fuaidi membekali mahasiswa KPI di semua tingkatan agar setiap mahasiswa sudah harus siap ketika sistem perkuliahan online secara total diterapkan di kampus Ipmafa (16/3/2020). Hal ini menyusul kebijakan pemerintah pusat maupun daerah yang menghimbau bahwa kegiatan belajar mengajar (KBM) di lembaga pendidikan sebaiknya dilakukan secara online (daring).

Dalam pembekalan itu, mahasiswa diberi panduan teknis tentang bagaimana praktek perkuliahan secara online dengan memanfaatkan sarana yang sudah dimiliki. Perkuliahan online di Ipmafa pada prakteknya memanfaatkan sistem e-learning Google  Classroom yang fiturnya sudah mencukupi kebutuhan KBM. Untuk sesi perkuliahan online secara interaktif dapat menggunakan fasilitas video conference dari Google Hangouts Meet atau Cisco Webex. Dengan demikian interaksi antara dosen dan mahasiswa berjalan seperti biasa meski dalam jarak dan tempat yang berbeda.

Di sisi yang lain, mahasiswa KPI tidak hanya memiliki skill-skill terkait dunia broadcasting dan komunikasi, tetapi juga tidak ketinggalan dalam praktek pembelajaran modern. Mahasiswa tentu merasa terhibur karena selain mendapatkan pengetahuan komunikasi visual seperti presenter, announcer, content creator, teknik produksi film dan komunikasi publik, mahasiswa selalu diberi ajang seluas-luasnya untuk mengasah kreativitas di dunia luar.

Baca juga :