Header Ads

Header Ads

Jangan Ngaku Kuliah di Ipmafa Jika Kamu Belum Tahu 12 Hal Ini


Institut Pesantren Mathaliul Falah (IPMAFA) Pati adalah salah satu perguruan tinggi terbaik di Jawa Tengah. Ipmafa terkenal dengan sistem pendidikannya yang berbasiskan nilai-nilai pesantren. Meski tergolong kampus baru dan terletak di pedalaman desa di wilayah Pati Jawa Tengah, mahasiswa maupun mahasiswinya datang dari berbagai daerah. Apakah kamu termasuk mahasiswa Ipmafa itu? Nah, berikut hal-hal penting untuk menguji apakah kamu sebagai mahasiswa ipmafa sudah mengetahuinya:

Kampus Ipmafa

1. Kampus Mewah
Kampus Ipmafa memang terkenal dengan mewahnya. Itu juga berulang kali disampaikan oleh Rektor Ipmafa dalam beberapa forum terbuka bahwa Ipmafa meski terletak di pedalaman, ia adalah kampus yang sangat mewah. Tapi ssst, jangan salah paham dulu ya, kampus mewah itu artinya kampus MEPET SAWAH. Betul, kampus Ipmafa yang sekitarnya berupa ladang persawahan menjadikan kampus ini asri dan jauh dari kebisingan kota sehingga cukup kondusif sebagai tempat menuntut ilmu.

Mahad Jamiah Ipmafa

2. Mahad Jamiah Ipmafa

Kampus Ipmafa juga memiliki asrama mahasiswa yang terletak tepat di belakang kampus. Mahad Jamiah ini diperuntukkan kepada mahasiswa yang jauh dan ingin tinggal berdekatan dengan tempat kuliah. Selama tinggal di Mahad, mahasiswa dibekali dengan penguatan pendidikan keagamaan secara lebih intensif sehingga Mahad ini menjadi ikon Ipmafa dalam penanaman nilai-nilai pesantren.

Kegiatan mengaji di Masjid Saud Sultan

3. Masjid Saud Sultan
Masjid Ipmafa punya nama Masjid Saud Sultan yang tidak jauh dari lokasi Mahad Jamiah. Masjid ini selain dipakai untuk shalat jamaah sehari-hari juga digunakan untuk kegiatan keagamaan lain seperti khataman Al-Quran bilghaib dan binnadzar, pengajian kitab kuning, dan halaqah keagamaan lain sehingga melengkapi suasana spiritual kampus Ipmafa yang selalu menanamkan nilai-nilai kepesantrenan.

Upacara hari santri

4. Nilai-nilai pesantren
Slogan "kampus pesantren" sangat melekat pada kampus Ipmafa yang memang menekankan pada mahasiswa di Ipmafa tidak untuk hanya pintar secara intelektual tetapi juga memiliki keperibadian secara agama sehingga nantinya mahasiswa lulusannya dapat berkiprah dan diterima di masyarakat secara luas. Hal ini lah yang menjadikan Ipmafa memiliki nilai lebih karena mahasiswa Ipmafa akan otomatis menjadi seorang santri yang dibekali dengan pendidikan pesantren dengan paham ahlussunah wal jamaah.

Nah, nilai-nilai pesantren khas IPMAFA ini dirangkum dengan istilah NDSA (Nilai Dasar Shalih Akram) yang terdiri dari nilai 9+1 (sembilan plus satu). 9+1 ini terdiri dari karakter Al-Khirs (cinta ilmu), Amanah (kejujuran), Tawadldlu’ (rendah hati), Istiqamah (disiplin), Uswah Hasanah (keteladanan), Zuhud (tidak berorientasi materi), Kifah Mudawamah (Kejuangan), I’timad ala al-Nafs (kemandirian), dan Tawashshuth (Moderat). Kemudian terakhir dilengkapi dengan sebuah nilai yang melingkupi semuanya yaitu Al-Barakah yang berarti bertambahnya kebaikan.

Perpustakaan Ipmafa
5. Perpustakaan Ipmafa
Perpustakaan Ipmafa juga titik penting yang menandakan kalian itu aktif sebagai mahasiswa Ipmafa atau bukan. Kalau sampai ada mahasiswa tidak pernah menikmati membaca buku di perpustakaan atau minimal pernah pinjam buku sewaktu kuliah, dijamin deh dipertanyakan status kemahasiswaanya.

Mafamart Ipmafa

6. Mafamart
Ipmafa tidak hanya lembaga pendidikan yang maju dalam meningkatkan kualitas SDM mahasiswanya, tetapi juga memiliki badan usaha untuk menopang dari segi ekonomi. Salah satu badan usaha milik kampus adalah minimarket Mafamart yang terletak di sebelah barat kampus. Mafamart ini merupakan hasil kerjasama dengan Indomart yang pengelolaannya dilakukan secara sharing. Layaknya minimart pada umumnya, Mafamart sudah cukup lengkap untuk memenuhi tidak hanya kebutuhan mahasiswa Ipmafa tetapi juga masyarakat sekitar.

Studio broadcasting

7. Studio Broadcasting

Studio broadcasting ini untuk program penyiaran kegiatan kampus yang selalu menemani siapapun dimana saja dengan berbagai acara seperti kajian agama, talkshow, podcast, dialog online, reportase kampus dll. Acara-acara tersebut dapat dinikmati melalui chanel IPMAFA TV di Youtube maupun media sosial Facebook. Studio broadcasting ini juga menjadi wadah praktikum mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) yang mendalami digital broadcasting di bangku kuliahnya.

Pembayaran online Ipmafa
8. Biaya kuliah fleksibel
Kalau ini bukan soal bangunan atau gedung melainkan layanan pendidikan Ipmafa yang sangat membantu mahasiswa maupun orang tua yang menguliahkan anaknya di Ipmafa. Pasalnya pembayaran kuliah di Ipmafa bisa diangsur sesuai kemampuan mahasiswanya. Yang terpenting sebelum ujian akhir semester tagihan kuliah sudah dapat dilunasi. Tidak hanya itu teman, cara pembayaran kuliah juga sangat mudah karena bisa dilakukan melalui bank apapun, atau melalui gerai Indomart dan Alfamart terdekat.

Kantin Ipmafa

9. Kantin meriah
Kantin meriah maksudnya tempat makan mahasiswa yang meski tidak terlalu istimewa dari segi bangunannya, tetapi cukup ramai dikunjungi mahasiswa. Usut punya usut, ternyata kantin Ipmafa tidak hanya melulu dipakai untuk melepas dahaga dan lapar tetapi sering dipakai untuk diskusi dan kopdar mahasiswa guna membahas hal-hal penting sebagai mahasiswa seperti keorganisasian, diskusi perkuliahan, pentas seni, dll. Wal hasil, kantin ini memang cukup meriah.

Mahasiswa KPI melakukan praktek broadcasting

10. Kampus Jaman Now
Maksudnya itu kampus Ipmafa meski berada di kampung dan jauh dari kota, kampus ini tidak ketinggalan dengan perkembangan kampus yang lain di luar sana. Dari sistem pendidikannya yang berbasis IT dan manajemen modern, sampai dosen-dosenya yang cakep plus kece banyak lulusan dari dalam maupun luar negeri. Jadi kampus Ipmafa cukup menarik siapa saja, kalangan muda milenial maupun profesional.

Teater Suryopati

11. Organisasi dan kegiatan mahasiswa
Bagi kalian yang aktif dalam organisasi atau kelompok yang mengasah bakat dan minat, dijamin tinggal pilih bidang apa yang kamu sukai. Karena di Ipmafa terdapat banyak pilihan untuk mengembangkan bakat dan minat yang kamu punya. Terdapat organisasi kemahasiswaan yang sebelumnya BEM menjadi Dema. Ada HMPS sebagai representasi lembaga mahasiswa tingkat Prodi. Ada UKM JQH yang fokus dalam kegiatan keagamaan seperti khataman AlQuran, pengajian, kaligrafi dll. Ada Teater Suryopati dalam bidang seni drama dan pagelaran. Ada pula UKM Olahraga bagi mereka yang memiliki hobi beragam jenis olahraga. Pokoknya, kegiatan mahasiswa ramai dan seru...

Seminar Pusat Studi Fiqh Sosial
12. LPPM, Pusat Studi dan Bahasa
Nah kalau ini agak serius.. LPPM adalah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Sedangkan Pusat Studi itu badan khusus yang ditunjuk kampus untuk melakukan riset dan kajian tertentu sehingga menghasilkan sebuah karya inetelektual sekaligus sebagai ikon keilmuan kampus Ipmafa. Sementara ini ada Pusat Studi Fiqh Sosial yang mengkaji hazanah konsep fiqh sosial Kiai Sahal Mahdudz. Dan ada Pusat Studi Peace Promotion yang memiliki misi penyebaran nilai-nilai perdamaian di dunia.

Agen perdamaian Peace Promotion

Selain pusat studi, ada Pusat Bahasa yang bernama PUSHAMI. Pushami ini lembaga khusus yang menggarap peningkatan skill bahasa mahasiswa, baik bahasa Arab maupun inggris. Pushami juga dilengkapi dengan lab bahasa modern. Gimana? Keren kan..

Hmm... itu dulu ya kawan-kawan. Semua itu dapat kamu rasakan jika kamu aktif menjadi mahasiswa Ipmafa saat ini. Bisa jadi banyak dari hal di atas tidak ditemukan sebelumnya oleh alumni Ipmafa karena memang perkembangan kampus Ipmafa dalam beberapa tahun terakhir cukup pesat.