Kisah Perjuangan Nasrul, Mahasiswa KPI Raih Beasiswa Indonesia Bangkit Kemenag

0


Mohammad Nasrullah atau akrab disapa Nasrul menjadi salah satu penerima Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) dari Kementerian Agama di tahun 2023. Ia adalah mahasiswa KPI Ipmafa angkatan 2015-2019 yang cukup aktif dalam kegiatan broadcasting dan fotografi saat menjadi mahasiswa.


BIB sendiri adalah bagian dari skema beasiswa prestisius kolaborasi antara Kementerian Agama dan LPDP Kementerian Keuangan Republik Indonesia untuk masyarakat Indonesia yang ingin mengembangkan karier, pengalaman, dan jaringan kampus di dalam dan luar negeri, melalui program gelar (degree program) maupun program non-gelar (non-degree program).

Tentu ini menjadi sesuatu yang membanggakan bagi Nasrul. Tetapi di balik keberhasilannya mendapatkan beasiswa, ada kisah perjuangan yang tidak bisa ia lupakan bahwa untuk mendapatkan beasiswa tersebut, Nasrul harus belajar intensif bahasa Inggris selama satu tahun lebih melalui aplikasi Duolingo untuk terbiasa berbahasa inggris. Kemudian ia mencoba mengukur pemahaman bahasanya dengan melakukan Toefl test preparation agar melihat skor bahasa Inggris sesuai standar Toefl. Pada awalnya skor yang ia peroleh masih di bawah standar yang disyaratkan sehingga mau tidak mau harus berjuang lagi dengan berlangganan kursus Toefl online dari myskill.id.

"Saya melakukan test Toefl secara resmi sebanyak 3 kali, 2 test Toefl ITP dan 1 test Toefl dari Pusat Bahasa UIN Malang. Test pertama Toefl ITP saya gagal dan waktu pendaftaran saat itu hampir ditutup sehingga pasrah untuk tidak melanjutkan pendaftaran. Namun ketika melihat informasi bahwa waktu pendaftaran diperpanjang saya melakukan 2 test Toefl, ITP dan Pusat Bahasa UIN Malang di Minggu yang sama dan alhamdulillah semuanya lulus dengan skor minimal yang telah ditetapkan oleh BIB Kemenag.", kisahnya.

Terkait berkas pendaftaran, Nasrul sudah mempersiapkan 6 bulan sebelum pendaftaran sehingga tidak terlalu terburu-buru. Jadi praktis hanya sertifikat bahasa Inggris saja yang belum ada dan pada akhirnya pun itu ia mampu wujudkan. Memang segala capaian dan harapan yang besar pasti membutuhkan adanya perjuangan.

0

No comments

Post a Comment

IG IPMAFA

blogger

DON'T MISS

Podcast, Video, HMPS
KPI IPMAFA © all rights reserved
Designed by KPI Studio