Serunya KKK di PT Daun Karya Asri Pati


Bagi Mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) IPMAFA semester 7 pelaksanaan praktek Kuliah Kerja Nyata (KKK) menjadi hal yang sangat penting. Bagi mahasiswa KPI diharuskan menguasai beberapa bidang sesuai kompetensi Prodi KPI IPMAFA seperti bidang penyiaran (broadcast), jurnalistik, video, audio dan design. Di KKK mahasiswa harus memilih untuk fokus pada bidang-bidang tersebut sesuai project yang dimiliki suatu perusahaan atau tempat KKK. Di KKK mahasiswa akan belajar mengembangkan potensi yang dimiliki di lapangan dan bagaimana rasanya masuk di dunia kerja, berurusan dengan berbagai klien. 

Ada sedikit cerita dari Ahmad Sholahuddin dan Aniq Baedowi yang sedang melakukan praktek KKK di bidang editing video dan design yang bertempat di PT. Daun Karya Asri Trangkil Kabupaten Pati. Terhitung mereka telah melakukan KKK selama 30 hari atau setengah perjalanan dari jadwal melakukan KKK yaitu minimal satu bulan setengah.

Selama satu bulan di Daun Karya Asri, mereka ditempatkan di bagian editing video dan design untuk membuat sebuah konten IG. Banyak pelajaran yang dapat diambil selama pelaksanaan KKK seperti bagaiaman memenuhi permintaan klien dan sikap kedisiplinan dalam bekerja,

Sholahuddin beberapa kali telah membuat dan mengedit video. Ia mendapat banyak hal baru yang dapat dijadikan referensi dan evaluasi. Menurutnya dalam editing video, hal hal yang sebelumnya dirasa sudah bagus dan sesuai, ternyata beda ketika kita berhadapan dengan kemauan klien karena belum tentu apa yang mereka maksud sesuai dengan pemahaman kita. Terkadang dalam satu video terdapat sampai 5 kali revisi dalam editing video, entah itu dalam segi pewarnaan, font dan tata letak video. 

Tidak jarang video yang dianggap tidak pas untuk dijadikan bahan editing video tapi menurut klien dan perusahaan menjadi hal yang harus dimasukkan dalam editing. "Tentunya kita tidak bisa memaksakan pemikiran idealis kita ketika berhadapan dengan klien dan perusahaan, mereka berhak karna mereka membayar hasil dari editing tersebut, dan itu adalah salah satu problem saya ketika berhadapan dengan klien dan perusahaan." tuturnya. 

Itu hanya beberapa cerita dan pengalaman pribadi Sholah selama melaksanakan kegiatan KKK di PT. Daun Karya Asri. Tentunya banyak lagi cerita cerita menarik selama pelaksanaan praktek KKK tersebut. Ia berharap semoga di tempat baru ini bisa terus belajar dan menambah pengalaman yang nantinya bisa berguna baginya dan juga orang-orang di sekitarnya.

0 Comments