Potensi, Relasi dan Kerja Keras Tentukan Kesuksesan Kita


Orasi Ilmiah dalam wisuda ke 11 Ipmafa Pati disampikan oleh Guru Besar Ilmu Politik Fisip UIN Syarif Hidauatullah Jakarta, Sabtu (10/12/2022). 

Dalam orasinya, Munhanif memberikan pesan kepada mahasiswa bahwa kesuksesan bisa ditentukan oleh tiga hal yaitu potensi, relasi dan kerja keras. Masing-masing orang memiliki potensi untuk meraih kesuksesan dan salah satu buktinya adalah para mahasiswa yang sudah menyelesaikan kuliah di Ipmafa. Itu menjadi bukti bahwa potensi sudah dimiliki oleh setiap mahasiswa.

Selanjutnya adalah relasi dan networking sebagai wadah untuk menyalurkan potensi yang ada. Relasi adalah sumber informasi dan sumber manfaat untuk mendapatkan dukungan dan jalan menuju sebuah kesuksesan. Poin ketiga yaitu karakter kerja keras untuk merealisasikan mimpi-mimpi kita. Potensi dan informasi penting tidak akan berarti apa-apa jika kita tidak mampu memanfaatkan seoptimal mungkin. Kerja keras di sini adalah melakukan sesuatu dengan baik, tekun, dan sampe lelah untuk menyelesaikan.

Itulah tiga hal penting yang mesti dipegang dalam kesuksesan. Tetapi Munhanif juga berpesan bahwa di luar tiga hal itu, ada dua hal penting yang harus diingat bahwa kita semua ditentukan oleh nasib atau garis tangan, dan kedua adalah ridho guru dan orang tua. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa santri tentu harus berdoa sebaik mungkin agar diberikan kemudahan dan kesuksesan. Doa dan restu orang tua juga bisa mengantarkan pada nasib baik kita semua.

0 Comments