Ragam Cerita Mahasiswa KKK Tahun 2022


Banyak pelajaran yang dapat diambil oleh mahasiswa selama Kuliah Kerja Komunikasi (KKK) khususnya mahasiswa yang sedang KKK di tahun 2022. Di semester ini mahasiswa yang melaksanakan KKK tersebar di delapan lokasi yang berbeda meliputi In Motion Creative Studio Pati, Krisna Purna Studio Pelangi Yogyakarta, Jawa Pos Radar Kudus, Suara Nahdliyin kudus, PT Daun Karya Asri Pati, Sacoret ID Yogyakarta, JTV Surabaya, dan Masak Musik Pati.

Dalam kunjungan Prodi ke beberapa lokasi KKK, banyak cerita yang disampaikan mahasiswa terkait pengalamannya selama mereka melaksanakan KKK. Mahasiswa benar-benar belajar praktek lapangan di industri komunikasi dan penyiaran seperti agency periklanan, audio-visual, media massa dan stasiun TV. Pemilihan lokasi disesuaikan dengan minat-bakat dan skill yang dikuasasi mahasiswa.

Salah satu cerita menarik adalah di Purna Studio Pelangi Yogyakarta yang fokus menggarap project berbasis audio. Studio yang dikelola oleh Krisna Purna Ratmara, pemenang Piala Citra untuk Penata Suara Terbaik ini memiliki keahlian dalam audio production. Di tempat ini tersedia empat macam studio audio meliputi studio mixing, composing, editing dan foley yang digunakan untuk membuat suara-suara dalam suatu film menjadi lebih detail. Di sini mahasiswa KPI yang diterima adalah Ahmad Nor Kholis yang memang memiliki hobi mengolah audio.

Ada juga KKK menarik lain dari Agus Zaenal Mahasin, mahasiswa KPI yang di terima di Sacoret ID Yogyakarta, sebuah agency yang bergerak dalam bidang desain dan periklanan di bawah PT Satu Coretan Sahaja. Sacoret ID dipimpin oleh Yohannes Tisyri Hahijary yang memiliki pengalaman profesional sebagai Advertising Agency. Agus diberi kesempatan magang (KKK) selama kurang lebih satu setengah bulan. Sacoret ID memiliki beberapa garapan project meliputi desain visual, branding, tag line, fotografi dan periklanan.

Sementara sebagian mahasiswa yang lain ada yang melaksanakan KKK di perusahaan media massa seperti di suaranahdliyin.com dan Jawapos Radar Kudus. Di sini mahasiswa tentu akan mengasah skill jurnalistiknya dalam bentuk tulisan yang dipublish di media online. Berikutnya, Prodi KPI akan melakukan kunjungan kembali untuk melihat pelaksanaan KKK di beberapa lokasi yang lain seperti Masak Musik Studio, PT Daun Karya Asri Pati dan Jawapos Radar Kudus.





0 Comments