Pentingnya Social Media Management Bagi Sebuah Perusahaan






Kita sadar betul bagaimana efek social media pada saat ini. Di era yang serba digital ini, kita bisa mengetahui berbagai macam konten maupun berita dari seluruh dunia hanya dengan rebahan di atas Kasur atau tempat ternyaman kita. Kabar dapat menyebar dengan cepat, ilmu pengetahuan semakin mudah diakses siapapun dan dimanapun. Ini merupakan salah satu kehebatan dari sosial media, namun tak banyak pula sisi negatif dari sosial media ini, mulai dari banyaknya Scamming, Hoax hingga banyaknya akun bodong yang menebar kebencian. Tentu hal ini akan berdampak buruk bagi kita semua, terutama mereka-mereka yang belum mampu memfilter segala sesuatu dari social media dengan baik. Mereka dapat menjadi target empuk bagi para pelaku-pelaku ini.

Media sosial mampu mengangkat derajat seseorang dengan seketika, namun juga sebaliknya, mampu menjatuhkan derajat seseorang maupun perusahaan dengan satu postingan yang mampu menuai kontroversi, sesuatu yang tidak sesuai dengan aturan norma yang ada.

Maka dari itu, penting sekali manajemen pada social media, terutama bagi sebuh perusahaan maupun sebuah brand. Manfaat dari manajemen media sosial ini adalah mampu meningkatakan Brand Awareness. Hal ini jika diiringi dengan konten berkualitas secara teratur. Tentunya akan mampu meningkatkan Brand Awareness dan akan membuat bisnis lebih mudah untuk tumbuh dan berkembang secara pesat. Ini pun menjadi hal umum bagi sebuah perusahaan untuk membuat tim khusus yang menangani semua social media perusahaan yang bertujuan mengikuti perkembangan zaman dan meminimalisir segala kesalahan yang dilakukan di media massa. Tentu saja dengan adanya tim khusus ini diharapkan mampu mengangkat derajat perusahaan dimata pengguna sosial media yang lain.

Hal pertama yang dilakukan tim khusus ini adalah sebagai Content Planner, yaitu sebuah perencanaan pembuatan konten, mulai dari bagaimana trend terkini, melakukan riset apa yang mampu menarik perhatian masyarakat, dan bagaimana mengemas sebuah perusahaan di media sosial agar mampu menarik mata masyarakat. Kedua yaitu eksekusi, baik itu berupa grafis maupun video, ini merupakan sebuah perwujudan dari apa yang sudah direncanakan oleh tim content planner. Kemudian adalah Gatekeeper, merupakan sebuah tim yang menyeleksi setiap apa yang akan diposting. Biasanya seorang gatekeeper memiliki beberapa kriteria tersendiri. Hal ini bertujuan untuk menjaga konsistensi kualitas postingan di sosial media. Merekalah yang menyeleksi apakah postingan ini layak untuk disebarluaskan apa tidak. Setelah postingan dirasa layak, maka admin sosmed ini akan melakukan posting keseluruh sosial media, admin lah yang menjadi garda terdepan di sebuah sosial media. Maka dibutuhkan seseorang yang Friendly dan mudah berinteraksi dengan follower agar menjadi nilai plus.

Kontributor: Syahid Nur Rohman

0 Comments