KKK KPI IPMAFA di Industri Kreatif Sound Design, Kegiatannya Ngapain Aja Sih?


MAU JADI APA AJA BISA KOK!!!

Kegiatan Kuliah Kerja Komunikasi (KKK) adalah satu tahapan bagi Mahasiswa KPI IPMAFA untuk mengembangkan potensi creative Mahasiswa dengan terjun langsung ke bidang yang dituju. Pada Semester awal hingga semester 6 kita banyak belajar di dalam kelas tentang bagaimana mengolah suatu ide untuk di Visualkan menjadi sebuah karya. Jadi pada semester 7 ini Mahasiswa KPI di berikan keleluasaan dalam mengembangan skiil creative yang dimiliki oleh masing-masing mahasiswa KPI, agar bisa menghasilkan sebuah karya yang baik dan inovatif serta bermanfaat bagi Konsumen Media.

Saya, Ahmad Nor Kholis, merupakan Salah satu dari mahasiswa prodi Komunikasi Penyiaran Islam ( KPI ) yang melakukan kegiatan KKK di Industri creative Sound Design yang berada di Kota Yogyakarta, yaitu Studio Pelangi. Production House (PH) yang bertempat di Pinggir Keraton Yogyakarta tepatnya di Jl. KH Wakhid Hasyim No.99 Notoprajan,Ngampilan,Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta ini menjadi pilihan yang paling saya minati untuk mengambangkan potensi skill creative yang saya miliki di bidang Sound design, Composser music, dan Audio Post Production.


Ada banyak tantangan yang saya lalui dalam mengolah suara baik dalam Film maupun Platform Media lainnya. Dengan ditempatkannya saya di sini sebagai Asisten Music Director dari Pimpinan Studio Pelangi yaitu Mas Krisna Purna Ratmara yang pernah mendapatkan 2 Piala Citra sebagai Penata Musik terbaik pada tahun 2015 dan 2019, saya bisa belajar banyak hal mengenai sound design, mulai dari pembuatan sound effect, penataan Ambience Film, Foley, serta pembuatan music Scooring pada film. Tak hanya itu saja, saya juga belajar bagaimana cara memvisualkan ide-ide yang saya miliki melalui suara agar film menjadi lebih hidup.

Selain itu, di Studio Pelangi juga menjadi tempat yang asik untuk berkarya, rasa persaudaraan sebagai makhluk sosial juga terjaga sangat baik disini karena kita merupakah satu tim yang solid dalam menghandle sebuah project besar maupun kecil, agar output dihasilkan dari Studio Pelangu bisa maksimal. Karena dengan begitu kita harus selalu berkomunikasi, sering melakukan braindstorming agar kedepannya bisa lebih baik lagi dalam membuat karya.

Kontributor: Ahmad Nor Kholis 

0 Comments