Mau Jadi Content Creator? Yuk, Kuliah Jurusan KPI IPMAFA!


Seiring berkembangnya internet dan teknologi digital, banyak profesi baru yang bermunculan khususnya dalam bidang komunikasi dan penyiaran. Generasi jaman now (milenial, Z dan post Z) sudah sangat familiar dengan istilah profesi bernama content creator. Menurut mereka jadi content creator itu keren karena karyanya dikenal jutaan orang. Pertanyaannya, apa yang dimaksud dengan Content Creator?

Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, content creator artinya "pembuat konten." Memang benar, maksudnya sesuai dengan arti bahasanya. Konten yang dimaksud bisa berupa teks, audio, gambar, video, atau menggabungkan keempatnya menjadi sebuah karya yang ciamik. Tentu saja, membuat konten tidak semudah membuat mie instan. Seorang content creator memerlukan waktu, tenaga, biaya, dan yang paling penting ilmu dalam membuat karyanya.

Di dunia pendidikan, ada satu jurusan yang sangat erat dengan pembuatan konten yaitu jurusan Broadcasting atau penyiaran. Di beberapa kampus, jurusan Broadcasting sering disebut Penyiaran atau Mass Communication. Di kampus Ipmafa Pati, jurusan ini masuk dalam prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI). Tapi, kamu nggak perlu pusing tentang hal itu, karena masing-masing sama-sama mendalami teknik untuk menghasilkan konten yang menarik.
Apa itu Jurusan KPI di Ipmafa?

KPI IPMAFA (Penyiaran) adalah jurusan yang mempelajari perencanaan dan teknik produksi konten, proses siaran radio dan televisi, teknik pengambilan gambar, teknik olah suara, penyuntingan foto dan video, hingga penggunaan aplikasi multimedia. Jurusan KPI cocok untuk kamu yang berjiwa kreatif, senang bekerja dengan tim, serta up to date dengan perkembangan zaman. Bagi kamu yang lebih menyukai praktek dibanding teori, jurusan Broadcasting adalah pilihan yang tepat.

Di KPI IPMAFA, mahasiswa dibekali dengan mata kuliah terkait dengan komunikasi dan penyiaran seperti sinematografi, desain komunikasi visual, jurnalistik, produksi acara siaran, praktek siaran, announcing, dan seterusnya. Di KPI, kreativitas kamu diuji lewat mata kuliah yang mendorong berpikir kreatif dan inovatif. Biasanya, dosen meminta mahasiswa untuk melakukan brainstorming untuk menghasilkan karya yang menarik. Meskipun terlihat rumit, tugas-tugas di jurusan Broadcasting seru banget!


Post a Comment

0 Comments