Mahasiswa KPI Aktif Berpartisipasi Dalam Gerakan Membangun Ruang Digital


Beberapa mahasiswa prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Institut Pesantren Mathaliul Falah Pati mengikuti acara pelatihan media sosial yang diadakan oleh Madrasah Damai Pati. Pelatihan tersebut dilaksanakan selama tiga hari, dari Jum’at sampai Minggu 14-16 Oktober 2022 di Aula Hotel Safin Pati. Mereka tertarik karena tema yang diangkat berkaitan dengan ilmu komunikasi dan penyiaran yaitu "Sosial Media Sebagai Ruang Dialog".


Tema pelatihan ini menjadi penting karena dari fakta laporan Digital Civility Index yang dirilis oleh Microsoft terdapat masalah serius terkait perilaku komunikasi masyarakat Indonesia di internet. Dari laporan tersebut menunjukan bahwa warganet di Indonesia adalah masyarakat yang paling tidak sopan se Asia Tenggara, oleh karena itu Madrasah Damai sebagai komunitas dan lembaga yang bergerak dalam pelatihan, penguatan SDM, penelitian dan pendidikan perdamaian berbasis pesantren, ingin menghadirkan ruang digital yang lebih ramah dengan konten yang edukatif sesuai nilai-nilai dan budaya pesantren. Nilai positif ini dapat ditransformasikan ke ruang digital yang lebih positif.


Dalam kesempatan itu mahasiswa memperoleh bekal wawasan terkait bagaimana cara menganalisa berbagai narasi media sosial yang muncul kemudian menyaringnya menjadi narasi yang nersifat positif dan membangun. Narasi tersebut dapat kita aplikasikan melalui konten yang beragam, mulai dari mendesain naskah yang baik, hingga dituangkan kedalam desain grafis maupun video pendek. Demikian poin-poim materi yang disampaikan Kamilia Hamidah, Founder Madrasah Damai.







Reporter: Anang Rivai

Post a Comment

0 Comments