Header Ads

Header Ads

Menuju Studio KPI Yang Minimalis dan Multifungsi

Ilutrasi studio minimalis

Desain Studio broadcasting KPI Ipmafa memang masih dalam proses renovasi dan perancangan. Format dan layout interior studio belum diputuskan oleh Prodi KPI dengan mempertimbangkan fungsi dan produksi acara yang akan digarap oleh mahasiswa KPI. Meski demikian, rancangan desain studio mengarah pada layout studio yang minimalis dan multifungsi.

Konsep itu disampaikan oleh Ketua Prodi KPI Isyrokh Fuaidi di sela-sela sharing bersama mahasiswa KPI yang rencananya akan membuat beberapa produksi acara menjelang Ramadhan tiba (13/3/2020). Isyrokh menjelaskan bahwa studio jaman sekarang tidak harus luas dan memiliki beberapa ruang yang terpisah. Studio broadcasting bisa dibuat secara minimalis tetapi multifungsi. Artinya meski luas ruangannya terbatas tetapi dapat dipakai untuk berbagai produksi siaran yang beragam seperti talkshow, ceramah, berita, dsb.

Layout studio minimalis tentu juga harus mempertimbangkan tata kelola perangkat studio yang efektif dan efisien seperti peralatan rekaman, audio, video, kamera, dll. Salah satu ciri studio minimalis harus menjaga karakter portabilitas pada masing-masing perangkat dan properti dalam studio. Pada praktiknya nanti dalam satu studio mahasiswa dapat melakukan produksi siaran berita, siaran talkshow dan lain sebagainya.

Saat ini, studio KPI Ipmafa sudah menyediakan sejumlah perangkat studio yang mencukupi untuk produksi acara dan terus dilakukan penambahan alat studio yang lebih modern. Dengan kelengkapan sarana broadcasting di Prodi KPI diharapkan menjadi tempat praktikum yang memadai dan dapat mengasah mahasiswa menjadi semakin kreatif dan inovatif.

Area editing film KPI Ipmafa

Baca juga :