Header Ads

Header Ads

Asyiknya Jadi Presenter dan Announcer


Dunia modern yang serba digital dan berbasis internet ini menuntut setiap orang harus kreatif karena perkembangan teknologi tersebut tidak lantas menjadi masalah melainkan membuka lapangan pekerjaan baru yang cukup beragam. Munculnya pekerjaan-pekerjaan baru yang di tahun-tahun sebelumnya tidak terpikirkan sama sekali sangat erat berhubungan dengan dunia kreatif.

Meski demikian, ada satu pekerjaan yang masih menjadi primadona kids jaman now, yakni bekerja di dunia penyiaran baik radio maupun pertelevisian. Hal ini terlihat dari membludaknya pendaftar ketika stasiun TV membuka lowongan untuk calon pegawainya.

Salah satu pekerjaan yang menjadi incaran adalah menjadi seorang Presenter TV, karena presenter TV menjadi salah satu batu loncatan paling baik untuk nantinya menjadi seorang public figur di dunia Entertainment. Selain sebagai artis dalam dunia siaran, skill peresenter juga menantang sekaligus menarik dari sisi jurnalistik. Maka menjadi seorang presenter harus memiliki kemampuan yang harus dipelajari dan bukan sekedar modal tampang.

Dalam perkembangan dunia digital berbasis internet saat ini, presenter tentu lebih luas cakupannya baik dari segi skill yang harus dikuasai maupun lapangan kerja yang menjadi prospeknya. Presenter bisa masuk di berbagai program acara dan siaran, baik yang formal, non formal dan semi formal. Apalagi sekarang dengan perkembangan platform digital seperti Youtube dan lainnya, model presenter tentu semakin beragam.

Untuk menjadi presenter yang profesional, baik di TV maupun channel digital lainnya, tidak ada kualifikasi spesifik yang dibutuhkan. Banyak orang memulai karirnya di dunia presenter TV dengan bekerja di tim belakang layar dari sebuah program TV. Beberapa orang juga ada yang menjadi presenter setelah bekerja menjadi aktor. Namun untuk menunjang skill-skill yang dibutuhkan, Prodi KPI Ipmafa membekali tidak hanya dalam hal teknik presenter dan announcer, ada banyak skill lain yang dapat dijadikan bekal dalam industri siaran.

Baca juga: