Header Ads

Header Ads

Peluang Bisnis dan Prospek Content Creator


Apa sih Content Creator?
Content creator artinya seseorang yang kerjanya membuat sebuah konten baik berupa tulisan, gambar ataupun video yang akan ditampilkan pada media populer. Jadi apapun kontennya yang penting dapat ditampilkan di media, maka pembuatnya dinamakan content creator. Karena saking umumnya deskripsi tersebut, maka cakupan content creator pun juga luas. Gambaran tentang media populer pun sangat beragam. Untuk konten video maka medianya bisa youtube, televisi dan platform-platform digital lain yang sekarang ini sangat beragam seperti netflix, Leonflix, Amazon Prime Video, dll. Berhubung area dan cakupan content creator sangat luas maka dapat dipastikan peluang kerjanya tentu cukup luas juga. Asal dapat membuat konten yang dapat menarik penonton atau membuat orang percaya maka skill tersebut akan dibutuhkan.

Skill apa yang Dibutuhkan Content Creator?
Skill content creator tidak bisa dibatasi oleh satu keahlian tertentu melainkan tergantung pada objek atau produk yang akan dijadikan konten. Skill kontent creator lebih tepatnya adalah prinsip-prinsip yang harus dipegang dalam membuat sebuah konten. Skill tersebut adalah:
  1. Buat konten yang sesuai passion: membuat konten yang sesuai dengan hobi dan minat tentu akan membuat seorang creator lebih mudah sekaligus hasilnya akan lebih sempurna karena ia dapat menyelami dan menikmati apa yang dilakukan. Dengan begitu, apa yang dihasilkan dari itu bisa menginspirasi banyak orang.
  2. Kontent original: konten orisinil milik sendiri dapat membuat penikmatnya lebih respek dan tertarik. Ibarat karya, konten yang orisini menjadi ciri khas brand Anda. Dalam hal ini, kita dituntut untuk menemukan sisi unik dalam sebuah konten dan tidak ada yang menyerupai sehingga menjadikannya karya yang orisinal.
  3. Ikuti perkembangan: memproduksi konten tidak boleh ketinggalan jaman. Apalagi di era disrupsi seperti ini, perkembangan kondisi dan situasi menjadikan segalanya bisa berubah secara tiba-tiba.
  4. Perbaharui konten secara konsisten. Konten yang tidak pernah diupdate maka yakin saja tidak akan menarik bagi pengunjungnya. Ibarat menu makanan kalau tidak pernah diganti makan terasa membosankan. Maka konten harus diperbaharui dan dapat memberikan sesuatu yang bagi penontonnya.
  5. Gunakan bahasa dan visualisasi yang mudah: tujuan dibuatnya konten adalah membuat orang tertarik atau terpengaruh dan apa yang disajikan. Untuk itu, konten harus disajikan agar pesannya mudah tertangkap dan membuat konsumennya tertarik. Maka bahasa dan visualisasi yang mudah dipahami sangatlah penting
  6. Kreatif: ini adalah kunci utama dalam membuat sebuah konten. Keatif adalah membuat inovasi dan hal-hal baru yang membuat orang lain menemukan hal yang baru dari konten yang dibuat.
Memang sesuai perkembangan modern sekarang ini, beberapa sekill teknis harus dikuasai seperti skill penggunaan aplikasi dan software digital sekaligus perangkat-perangkat yang mendukung pembuatan konten seperti teknis penggunaan kamera DSLR, kamera video, dll.
      Kenapa Content Creator Penting?
      Pembuat konten sangat penting tidak hanya untuk media promosi atau orientasi bisnis, tetapi juga untuk menyampaikan pesan-pesan yang dapat mempengaruhi orang lain. Bagi seorang politikus, konten yang kreatif dapat mengangkat suara dan mempengaruhi masyarakat agar memilih. Bagi yang aktif dalam dakwah, konten-konten yang baik juga dapat menanamkan nilai-nilai positif pada masyarakat. Begitulah seterusnya, masing-masing punya misi dan tujuan yang ingin dicapai dan tujuan tersebut akan mudah tercapai dengan sarana konten-konten yang sesuai.

      Peluang Bisnis Content Creator
      Bicara soal peluang bisnis content creator dapat dipastikan tidak ada habisnya. Kenapa demikian? Ya karena content creator itu bisa masuk di semua model bisnis dengan prinsip mampu membuat sebuah konten yang menarik. Ilustrasinya begini, misal Anda seorang kepala sekolah, tentu di jaman ini ada ingin membangun sebuah website, membuat promosi agar sekolah Anda dikenal banyak orang, dan orang-orang yang menyekolahkan anaknya juga semakin yakin dan bangga dengan sekolah Anda. Nah berhubung jaman sekarang semua orang menggunakan HP atau media berbasis internet, maka konten-konten tentang sekolah menjadi sangat penting. Pertanyaan selanjutnya, siapakah yang membuat konten tersebut? Jawabannya adalah CONTENT CREATOR.