Header Ads

Header Ads

Kreativitas Selalu Menjadi Kunci Utama Kesuksesan Industri Broadcasting


Dunia broadcasting masih menjadi hal yang menarik saat ini. Karena selain memberikan informasi dan pengetahuan bagi pemirsa juga memberi hiburan bagi penontonnya. Meski demikian, perkembangannya saat ini mengalami persaingan yang ketat dan tidak menentu karena broadcasting mampu diproduksi dan disediakan dengan mudah oleh siapa saja yang ingin membuatnya.

Demikian salah satu perbincangan Penanggung Jawab Siaran Simpang5 TV Jawa Tengah Muhammad Shodiq S.Psi dengan Kepala Prodi KPI Ipmafa Isyrokh Fuaidi di stasiun Simpang5 TV Semarang (12/12/2019). Pembahasan tersebut muncul di sela-sela penarikan mahasiswa Kuliah Kerja Komunikasi (K3) dari Simpang5 TV Semarang dan TVRI Jawa Tengah.

Munculnya beragam aplikasi berbasis teknologi yang menyediakan konten-konten serupa tentu menjadikan bisnis di dunia broadcasting semakin ketat. Apalagi penyedia konten tersebut bisa dilakukan oleh siapa saja dan bahkan bukan dari perusahaan yang memang bergerak dalam sektor penyiaran. Situasi seperti itu menjadikan peluang usaha dalam dunia penyiaran baik televisi atau radio menjadi tidak menentu.

Meski begitu, Shodiq menjelaskan bahwa ada kunci utama yang dapat menentukan sukses tidaknya industri penyiaran saat ini. Kunci utama tersebut adalah ide dan kreativitas dalam membuat program. Sarana prasarana yang canggih tidak menjamin suksesnya sebuah industri. Dengan kreativitas ide yang dibuat dalam sebuah tayangan program siaran tentu menjadi faktor penentu untuk menarik perhatian penonton.