Cerita KKK di Perusahaan Desain Ilustrasi

0

Keseruan di balik kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKK) tentunya terdapat manfaat dan dampak bagi mahasiswa di Progam Studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) IPMAFA. KKK merupakan salah satu persyaratan wajib untuk menyelesaikan kelulusan S1 di Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA).

Bagi mahasiswa semester 7 jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam di IPMAFA, pengalaman ini memiliki manfaat yang besar karena memungkinkan mereka menggali potensi praktis sesuai dengan pengetahuan kuliah yang telah diperoleh selama enam semester terakhir. Dalam KKK, mahasiswa berkesempatan belajar dan mengembangkan diri di dunia kerja, merasakan langsung dinamika bekerja sesuai dengan potensi yang kami miliki.

Bagi saya, Ahmad Khotibul Umam atau sering dipanggil Umam, Mahasiswa yang telah melaksanakan KKK di PH SecondSyndicate, berlokasi di Desa Genuk Sari, Kecamatan Genuk, Kabupaten Semarang. SecondSyndicate Sendiri Sebuah Production House atau Studio yang bergerak di bidang Desain Illustrasi. 

Sedikit banyak hal yang sudah dipelajari di SecondSyndicate adalah pembuatan Desain Illustrasi. Saya diberi kesempatan belajar pembuatan Desain Illustrasi yang memiliki serangkaian proses seperti riset, sketching, line art, blocking, inking dan yang terakhir coloring. 

Proses pengerjaannya pun tidak sederhana seperti kelihatannya karena bisa memakan waktu berhari-hari bahkan bisa sampai seminggu. Tak hanya itu saya juga diberi pelatihan cara pemasaran, market yang dituju, cara menangani klien serta cara menganalisis SWOT dibidang ini. 

Dengan serangkaian proses yang telah di ajarkan, umam jadi mengetahui potensi luasnya market dari industri ini. Saya sangat tidak menyangka bahwa dapat melaksanakan KKK di SecondSyndicate sesuai dengan kompetensi program studi KPI IPMAFA. Disamping itu juga dapat mempraktekan ilmu yang didapat secara langsung sehingga menambah pengalaman dan memberikan kesan tersendiri.

Kontributor: Ahmad Khotibul Umam
0

No comments

Post a Comment

IG IPMAFA

blogger

DON'T MISS

Podcast, Video, HMPS
KPI IPMAFA © all rights reserved
Designed by KPI Studio