The Limited Truth dan The Art of Communication







Mahasiswa KPI selain memiliki kompetensi dalam mengoperasikan media penyiaran, mereka mengemban tugas untuk memiliki wawasan yang luas dan iklusif sehingga tidak memandang kebenaran sebagai "the limited truth". Kebenaran yang dapat dipandang secara komprehensif dari beberapa perspektif yang berbeda. Dengan begitu, seseorang akan dapat bersikap secara bijak dalam memandang suatu persoalan dan cenederung tidak mudah menjustifikasi suatu kebenaran tunggal.

Sebagai akademisi komunikasi dan penyiaran juga harus menguasai the art of communication untuk memainkan skill dan keilmuannya dalam media komunikasi. Seni berkomunikasi sangat dibutuhkan untuk mengemas dan menghadirkan suatu isu agar dapat sampai dan diterima oleh publik. 

Demikian beberapa poin orasi yang disampaikan dalam KNKI Askopis tahun 2022 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tahun 2022. Jadi sebagai sarjana komunikasi tidak hanya kemampuan adaptasi di dalam era konvergensi media, kita semua dituntut mampu menghadirkan menjadi komunikator unggul dengan wawasan yang luas sekaligus menguasai seni komunikasi yang baik.

0 Comments