Begini Mahasiswa KPI Mengawal Media Informasi Pilkades Kajen Tahun 2021


Mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Ipmafa tidak hanya piawai dalam dunia siaran seperti acara TV atau Radio, tapi mereka juga kompeten dalam menghadirkan media informasi yang dibutuhkan masyarakat. Hal ini terbukti dari peran aktif mahasiswa KPI Ipmafa dalam mengawal Pemilihan Kepala Desa Kajen Margoyoso Pati (10/4/2021).

Setidaknya ada dua tahapan penting Pilkades yang dikawal oleh mahasiswa KPI yaitu saat penyampaian visi-misi calon kepala desa dan proses penghitungan suara di hari H Pilkades. Selama kegiatan dilivestreamingkan secara apik melalui channel Youtube oleh para mahasiswa sehingga masyarakat Kajen dapat menikmatinya dari rumah.

Tidak hanya itu, mahasiswa KPI juga terjun dalam proses real count online yang menyajikan hasil penghitungan suara secara online. Jadi selain proses penghitungan suara di balai desa disiarkan secara langsung dan dilihat oleh masyarakat, real count online ini menampilkan penghitungan suara dengan sistem digital online. Dengan sistem rekapitulasi online tersebut, masyarakat yang tidak berada di balai desa dapat menikmati secara langsung hasil penghitungannya setiap surat suara yang dibuka. Secara teknis mahasiswa KPI duduk bersama mendampingi panitia Pilakdes mulai dari proses pendaftaran pemilih di tiap Dapil sampai mereka melakukan penghitungan suara online yang dilakukan dengan input komputer. Tiap saat, mereka melakukan koordinasi dan sinkronisasi agar hasi penghitungan suara yang disajikan online benar-benar sesuai dengan penghitungan suara offline di balai desa.

Realcount disajikan secara online


Proses penghitungan surat suara secara online ini dinamakan real count karena hasil penghitungannya memang mencerminkan kondisi di lapangan sebenarnya. Jadi dapat dipastikan seluruh warga desa Kajen meski tidak menghadiri di lokasi penghitungan, mereka sudah mengetahui hasilnya dari rumah pada tiap detik penghitungannya. Dengan begitu, dapat dipastikan masyarakat juga merasakan sama tegangnya seperti mereka melihat secara langsung di balai desa.

Itu lah menariknya menjadi mahasiswa KPI dalam kegiatan pendampingan media informasi di tengah kegiatan demokrasi di desa Kajen. Mereka tidak hanya mendapat skill praktis pembuatan konten kreatif, tetapi mereka juga berlatih terjun di masyarakat sesuai dengan passion keahliannya yaitu mengawal dan menyajikan media informasi yang dibutuhkan masyarakat. 







0 Comments