Mahasiswa KPI Ikuti Webinar Menjadi Moderat di Media Sosial


Paska ujian akhir semester, beberapa mahasiswa prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Ipmafa mengikuti acara webinar yang diadakan oleh mahasiswa KKN MIT DR XI UIN Walisongo Semarang, Senin (08/2/2021). Mereka tertarik karena tema yang diangkat berkaitan dengan ilmu komunikasi yang mereka pelajari yaitu "Menjadi Moderat di Media Sosial".

Webinar menghadirkan beberapa narasumber professional di bidangnya yaitu Dr. H. Najahan Musyafak (Dosen Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Walisongo Semarang), Syifa R. Dewi (Tim Media @Lensamu (Persyarikatan Muhammadiyah), dan Aro Muhammad (Admin @alasantri).

Tema webinar ini menjadi penting karena kegiatan dakwah Islam tidak terlepas dari pemanfaatan media sosial sebagai sarana menyebarkan pengaruh. Mulai dari kelompok Islam yang paling moderat sampai yang berpaham konservatif dapat menyebarkan kontennya di media sosial. Konten-konten tersebut mau tidak mau dapat diakses dan dinikmati secara umum.

Dalam kesempatan itu, para narasumber sepakat bahwa media sosial telah menjadi bagian dari perilaku individu dan masyarakat dan sebagai piranti untuk memenuhi kebutuhan hidup. Oleh sebab itu diperlukan sikap yang cermat, cerdas, kritis dan kehati-hatian yang tinggi dalam mengolah atau memproduksi suatu konten di media sosial.

"Kita sebagai mahasiswa harus menguatkan literasi digital bagi masyarakat dan membangun smart user dan pengawas yang bijak. Selain itu perlu juga dibentuk komunitas virtual yang secara masif membangun social power berbasis media digital sehingga menjadi agen literasi dan moderasi beragama." tutur Anang Rivai, mahasiswa KPI Ipmafa yang mengikuti forum webinar.



0 Comments