Kejar Produksi, Mahasiswa KPI Selesaikan 11 Naskah Film

 


#onedayonescript , demikian hastag yang bergema di program studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) IPMAFA baru-baru ini. One day one script merupakan kegiatan produksi film pendek untuk ujian tengah semester mahasiswa KPI semester 5 dalam mata kuliah Sinematografi dan Teknik editing.

Di UTS kali ini, mahasiswa KPI dilatih menulis naskah dan memproduksi film secara professional. Setiap individu diberi tugas menulis scenario, shootlist dan storyboard yang kemudian diproduksi secara bersama-sama dalam satu tim produksi film dari mahasiswa KPI semester 5.

One day one script merupakan bekal awal bagi mahasiswa sebelum masuk ke dalam dunia kreatif produsi film. Dalam kegiatan ini, mahasiswa mampu membuat karya 11 naskah film yang harus diproduksi dalam waktu 2 minggu sebelum masuk tahap editing. Mahasiswa diberi jobdesk sesuai keahlian masing-masing dan mereka dilatih kompak dan bertanggung jawab untuk sebuah kerja tim.

Beberapa skill yang dipelajari dalam kegiatan ini cukup penting untuk keahlian mahasiswa di dunia broadcasting sebelum nantinya terjun di masyarakat. Skill ini meliputi tehnik menyampaikan pesan dimana dalam komunikasi, pesan merupakan salah satu unsur yang harus ada. Seorang mahasiwa Komunikasi harus pandai memilih media yang dijadikan sebagai alat untuk berkomunikasi. Selain pandai memilih media, mahasiswa komunikasi juga harus berjiwa kreatif dan pandai mengolah pesan agar mudah dicerna dan tersampaikan kepada masyarakat.

Selain itu, mahasiswa juga ditanamkan profesionalisme dalam kerja. Mahasiswa bekerja secara professional sesuai dengan teori yang telah mereka pelajari. Mereka diberi gambaran secara nyata tentang bagaimana pola kerja produksi secara professional. Selama kegiatan ini mahasiswa diajak bekerja sesuai jobdesk dan keahlian mereka dan diberi pelatihan tentang tehnik penguasaan alat yang dibutuhkan dalam dunia produksi seperti kamera, lighting, sound, editing, tata artistik, dsb.

Dalam perkembangannya, tingkat konsumsi informasi dan edukasi masyarakat mulai berkurang. Salah satu penyebabnya adalah budaya masyarakat yang cenderung mudah bosan dan tidak tertarik dengan informasi yang beredar, imbasnya mereka hanya mengkonsumsi sebagian dari informasi yang disajikan.

Melalui media audio visual, mahasiswa KPI IPMAFA mencoba memberi sajian informasi dan edukasi kepada masyarakat melalui ide dan pesan yang disampaikan melalui film. Dengan begitu, masyarakat lebih mudah menerima informasi karena film memiliki pesan yang disampaikan melalui cerita yang divisualkan.

0 Comments