Header Ads

Header Ads

Skill Multimedia & Teknik Audio Visual Dalam Digital Broadcasting


Dunia broadcasting modern terus mengalami perkembangan baik dari perangkat teknis yang mengikuti perkembangan teknologi digital maupun format penyiaran yang mengikuti trend perilaku masyarakat. Maka tidak heran profesi di bidang broadcasting saat ini begitu beragam tidak hanya presenter, kameramen, news anchor, videographer, dll. Tetapi profesi baru bermunculan dengan istilah baru yang sangat familiar di telinga anak muda jaman sekarang seperti Youtuber, Influencer, Content Creator dan Podcaster.

Konten yang disajikan dari semua profesi di atas hampir semua dalam bentuk digital baik video maupun audio yang endingnya diletakkan di platfom digital berbasis internet agar dapat dinikmati oleh banyak orang. Hal ini tampak sederhana tetapi pada prakteknya tentu prosesnya membutuhkan SDM-SDM profesional yang memahami implementasi konsep audio-video dan bahkan skill multimedia.

Perkembangan ini tentu menjadi kabar baik bagi mereka yang memiliki skill multimedia dan audio-visual karena sebuah konten yang baik pasti didukung dengan proses editing audio-video yang di dalamnya terdapat sejumlah perangkat baik software maupun hadrware yang harus dikuasai. Kebutuhan akan skill audio-visual dalam memproduksi konten saat ini tentu membuka peluang besar bagi para praktisi dan ahli di bidang audio-visual.