Header Ads

Header Ads

Podcast Menjadi Trend Broadcasting Jaman Now


Salah satu perkembangan broadcasting model jaman now adalah model Podcast yang akhir-akhir ini menjadi booming dan cukup diminati oleh pengguna Youtube maupun platform media sosial seperti Facebook. Podcast yang begitu ngetrend itu dirasa mudah dan efisien untuk didengarkan kapan pun dan di mana pun. Maka tidak sedikit sekarang ini youtuber-youtuber Indonesia sudah beralih dan membuat konten dalam bentuk podcast yang subscriber dan viewernya tidak kalah dengan konten kreatif lainnya. 

Nic Newman dalam hasil studi Journalism, Media, and Technology Trends and Predictions 2018 publikasi Reuters Institute for the Study of Journalism dan University of Oxford menguatkan itu dari hasil survei pada 194 editor, pemimpin dan pejabat media digital yang menunjukkan bahwa media digital mengalami peningkatan pada media dengan format audio. Sebanyak 58% media akan berfokus pada Podcast dengan proporsi yang sama menilik pada konten untuk speaker (pembicara) yang diaktivasi menggunakan suara. Dalam laporan kuartal-II 2019, layanan streaming musik Spotify menyebutkan bahwa jumlah pendengar podcast tumbuh lebih dari 50 persen dari kuartal sebelumnya.

Podcast dengan format Talkshow "Close The Door" yang dibuat oleh Deddy Corbuzier banyak mengundang bintang tamu dari kalangan selebriti, tokoh politik.

Ada beberapa kelebihan pada broadcasting model podcast baik oleh penyiar maupun klien sebagai penikmatnya. Kelebihan itu antara lain investasi perangkatnya yang tidak terlalu mahal karena teknisnya menekankan pada perangkat audio dan jika podcast disiarkan secara visual pun teknik take kameranya tidak perlu sulit karena sebatas studio podcast yang umumnya sederhana. 
Salah satu kelebihan Podcast adalah saat mendengarkan Podcast pendengar juga dapat melakukan aktifitas lain. 

Oleh sebab itu, konten dengan model Podcast merupakan salah satu cara penyiaran yang harus dikuasai oleh mahasiswa KPI Ipmafa. Dengan sarana-prasarana studio yang sudah ada, sekaligus penguasaan teori komunikasi modern tentu dapat membekali mahasiswa KPI Ipmafa untuk mudah beradaptasi dan berkeksplorasi sesuai kebutuhan dunia penyiaran yang selalu berkembang.