Header Ads

Header Ads

Pentingnya Desain Grafis & Fotografi Dalam Digital Broadcasting


Perkembangan broadcasting modern memberikan peluang profesi kerja dan garapan yang begitu beragam sehingga tidak hanya menjadi presenter, ahli komunikasi, kameramen, news anchor, videographer, dll. Tetapi profesi baru bermunculan dengan istilah baru yang sangat familiar di telinga anak muda jaman sekarang seperti Youtuber, Influencer, Content Creator dan Podcaster.

Luasnya peluang yang dimiliki sektor komunikasi dan penyiaran ini tentu membutuhkan SDM-SDM profesional dengan skill-skill khusus agar pesan dari konten kreatif yang dibuat dapat sampai kepada audien dan klien. Dalam hal ini, salah satu hal penting adalah skill desain grafis dan fotografi.

Desain grafis dan fotografi menjadi salah satu media komunikasi visual yang dibutuhkan dalam produksi konten siaran atau penyelenggaran program acara. Dengan visualisasi grafis dalam bentuk flyer, brosur, pamflet dsb tentu dapat menarik perhatian orang sehingga event siaran mendapatkan enggagement tinggi. Selain itu, komunikasi visual yang baik juga dapat menjadikan sebuah produk lebih marketabel dari sisi penerimaan pasar dan keuntungan.


Dengan demikian, semua itu tentunya menjadi peluang besar bagi mereka yang memiliki skill desain grafis dan fotografi karena sebuah konten yang baik pasti didukung dengan visualisasi yang baik pula. Visualisasi yang baik ini dapat dibantu dengan teknik fotografi dan desain grafis profesional yang di dalamnya terdapat sejumlah perangkat baik software maupun hadrware yang harus dikuasai. 

Kebutuhan akan pentingnya skill desain grafis dan fotografi ini dalam bidang broadcasting, event siaran dan media kreatif, maka mahasiswa KPI Ipmafa tentu dituntut untuk menguasai pula dengan disertai bimbingan dosen profesional di bangku perkuliahan.