Header Ads

Header Ads

Tips Jitu Menjadi Content Creator

Perkembangan zaman saat ini membuat model bisnis dan perilaku manusia banyak berubah. Dampaknya pun beragam baik positif maupun negatif. Positifnya, semakin banyak jenis pekerjaan baru yang dapat kita geluti dan bisa menghasilkan uang. Pekerjaan tersebut sering tidak ditemukan di era-era sebelumya seperti salah satu contoh adalah menjadi Content Creator. Content creator mungkin tidak pernah terfikirkan oleh kebanyakan orang. Tetapi saat ini, content creator dapat menjadi salah satu kunci suksesnya bisnis seseorang.

Content creator adalah orang yang mampu memanfaatkan platform media dalam bentuk apapun dengan menghadirkan konten yang dapat dikonsumsi dan membuat tertarik orang banyak. Konten tersebut tidak dibatasi dalam format yang baku sehingga saat ini sangat beragam yaitu bisa berupa video, blog, vlog, tutorial atau posting-an yang formal seperti berita.

Beragamnya bentuk media yang menyajikan konten tersebut karena mengikuti tuntutan zaman dengan masyarakat era industri 4.0 sekaligus secara berlahan dan psati sedang menyambut era society 5.0 dimana digitalisasi dan internet of things sudah menyatu di hampir segala lini kehidupan.

Oleh sebab itu, seorang content creator saat ini menjadi salah satu pekerjaan yang sangat menjanjikan karena dia dibutuhkan di hampir semua bentuk aktivitas kehidupan. Meski demikian, untuk menjadi seorang content creator tentu tidak bisa diperoleh dengan singkat dan asal-asalan. Content creator selain membutuhkan inovasi kekinian dan ide-ide kreatif, ia juga dituntut menguasai skill-skill khusus yang menunjang terwujudnya konten menarik sehingga menggaet banyak orang.

Nah, bagaimana tipsnya menjadi content creator, simak ulasannya berikut:

  1. Buat konten yang sesuai passion: membuat konten yang sesuai dengan hobi dan minat tentu akan membuat seorang creator lebih mudah sekaligus hasilnya akan lebih sempurna karena ia dapat menyelami dan menikmati apa yang dilakukan. Dengan begitu, apa yang dihasilkan dari itu bisa menginspirasi banyak orang.
  2. Kontent original: konten orisinil milik sendiri dapat membuat penikmatnya lebih respek dan tertarik. Ibarat karya, konten yang orisini menjadi ciri khas brand Anda. Dalam hal ini, kita dituntut untuk menemukan sisi unik dalam sebuah konten dan tidak ada yang menyerupai sehingga menjadikannya karya yang orisinal.
  3. Ikuti perkembangan: memproduksi konten tidak boleh ketinggalan jaman. Apalagi di era disrupsi seperti ini, perkembangan kondisi dan situasi menjadikan segalanya bisa berubah secara tiba-tiba.
  4. Perbaharui konten secara konsisten
  5. Gunakan bahasa dan visualisasi yang mudah: tujuan dibuatnya konten adalah membuat orang tertarik atau terpengaruh dan apa yang disajikan. Untuk itu, konten harus disajikan agar pesannya mudah tertangkap dan membuat konsumennya tertarik. Maka bahasa dan visualisasi yang mudah dipahami sangatlah penting
  6. Kreatif: ini adalah kunci utama dalam membuat sebuah konten. Keatif adalah membuat inovasi dan hal-hal baru yang membuat orang lain menemukan hal yang baru dari konten yang dibuat.