Pengalaman dan Keseruan Produksi Video Klip Saat KKK di Masak Musik Pati

0


Oleh : Ramadhani K. A

Kuliah Kerja Komunikasi bukan sekedar mata kuliah yang hanya dilaksanakan sebagai syarat kelulusan, K3 sangat penting karena mahasiswa akan merasakan bagaimana berpartisipasi secara langsung di lapangan. Tak hanya teori, namun juga skill sangat dibutuhkan di dunia kreatif. Dengan adanya K3 ini memberikan ilmu dan pengalaman yang nyata bagi mahasiswa yang melaksanakan dengan baik.

Ramadhani K.A atau lebih sering dipanggil Kriting merupakan mahasiswa IPMAFA yang di tahun 2023 ini melaksanakan K3 (Kuliah Kerja Komunikasi) di studi Masak Music Pati. Selama KKK ini ia mendapatkani kesempatan untuk belajar membuat video clip yang baginya memberikan banyak inspirasi dan pengalaman baru dalam dunia konten dan penyiaran. 

Di dunia medsos dan gadget sekarang ini, biasanya memang dibutuhkan visualisasi dalam bentuk video klip untuk melengkapi sebuah lagu. Video klip ini memiliki alur cerita berdasarkan genre musik yang kemudian divisualisasikan. Video klip adalah kumpulan potongan-potongan visual yang dirangkai dengan atau tanpa efek tertentu dan disesuaikan berdasarkan ketukan-ketukan pada irama lagu, nada, lirik, instrumen dan penampilan grup music untuk mengenalkan dan memasarkan produk lagu agar dapat dikenal di kalangan masyarakat.

Menurut Ramadhani, dalam beberapa produksi video clip ia diberi kesempatan untuk membuat scene dan shot yang akan diambil. "Saya belajar memperdalami ilmu tentang Produksi Video Klip. Selain itu saya juga mendapatkan kesempatan untuk menjadi asisten sutradara dan kameramen. Ketika pembuatan video clip, ada beberapa hal yang menjadi tantangan buat saya, bukan hanya tantangan untuk memilih adegan dan pengambilan gambar."

Ramadhani juga mendapatkan pengalaman menarik ketika mengatur anak-anak dalam porduksi sebuah konten dan itu menjadi tantangan yang cukup sulit. "Mengatur anak kecil itu susahnya bukan main, selain mereka yang hanya bermain dan bermain mereka juga punya cara sendiri untuk mengekspresikan sesuatu." jelasnya.

Kegiatan produksi video klip


Produksi Konten Promosi

Selain membuat video clip, ketika magang di masak musik Ramadhani membuat konten promosi di Event Srawung Karya 2 dimana Masak Musik Pati menjadi penyengara lomba nyanyi solo dan lomba band. Dalam kesempatan ini mahasiswa yang praktek KKK diberi wewenang untuk mengonsep bentuk promosi dan membuat konten-konten promosi yang ditayangkan di Instagram. Saat itu Ramadhani mendapatkan banyak pelajaran karena harus membuat konten yang unik dan menarik sehingga dapat menarik peserta.

"Saya juga dilatih untuk mandiri saat produksi seperti bagaimana cara kita untuk memanage seluruh aktivitas produksi sendiri. Dengan begitu saya merasakan pengalaman yang sangat berharga. . Disamping itu juga dapat mempraktekan ilmu yang didapat secara langsung sehingga menambah pengalaman dan memberikan kesan tersendiri."

Kerjasama Dengan Pihak Luar

Mahasiswa K3 selama KKK juga melakukan kerjasama untuk membuat Video Klip bersama SD Pati Kidul yang sangat antusias dan asik dalam pembuatan video klip ini. Dalam pembuatan video membutuhkan skill untuk memanipulasi gambar dengan konsep yang jelas. "Kita dapat mengambil gambar dengan cara merekam atau memotret sebuah kejadian. Hasil-hasil tadi dapat dimasukan sebuah file kemudian kita merangkainya menjadi alur cerita seperti yang telah dikonsepkan." jelasnya

Video Klip dikenal dengan sebuah tayangan audio dan visual yang durasinya berkisar antara 1-5 menit yang memvisualisasikan lirik dan musik dari musisi. Dalam kerjasama ini, yang akan dijadikan objek adalah video klip musik. Vidio klip bagi seorang musisi menjadi alat yang akan membantu mereka dalam menyampaikan pesan musik yang diinginkan. Video klip mampu menunjukan atau menkomunikasikan keinginan musisi kepada audiensinya.

"Dari KKK ini, banyak hal yang kami pelajari terkait pentingnya produksi video klip. Video klip bisa mempromosikan sesuatu sehingga lebih memudahkan orang dalam mengenal sesuatu." tuturnya.
0

No comments

Post a Comment

IG IPMAFA

blogger

DON'T MISS

Podcast, Video, HMPS
KPI IPMAFA © all rights reserved
Designed by KPI Studio