Hajar Pamuji Dorong Mahasiswa KPI Membuat Konten Yang Berkualitas

 

Konten kreatif saat ini selain menjadi bagian dari hobi generasi muda jaman sekarang juga dapat mendatangkan pundi-pundi keuangan. Tetapi sebaiknya, menjadi content creator bagi pemula tidak didorong oleh keuntungan ekonomi, tapi fokus pada memproduksi konten yang berkualitas. Ini disampaikan oleh Hajar Pamuji, content creator senior di Pati, dalam event Malam Keakraban (Makrab) mahasiswa KPI IPMAFA di Wisata Agro Jollong, Pati (5-6/11/2022).

Hajar menyampaikan secara santai namun cukup lengkap tentang bagaimana menjadi content creator yang tidak hanya berorientasi pada keuntungan finansial atau jumlah subscriber, tetapi fokus pada kualitas konten sekaligus memiliki nilai kemanusiaan dan kegamaan. Mahasiswa diajak menonton film "Jumilah" yang bercerita tentang ide sederhana yaitu TKI yang harus bekerja ke luar negeri dan meninggalkan kekasihnya. Namun saat pulang dari perantauan untuk melamar kekasihnya terpaksa harus kandas karena ternyata kekasihnya sudah memiliki calon lain.

Meski alur ceritanya sedehana, beberapa pesan keagamaan dan sosial dapat disampaikan dengan baik dalam film Jumilah seperti shalat tepat waktu, tidak balas dendam, kesabaran dan memberikan bantuan tanpa membeda-bedakan. Film Jumilah ternyata diproduksi sangat singkat yakni pengambilan gambar dan editing yang memakan waktu kurang lebih satu hari.

Konten berkulitas menurut Hajar bisa diwujudkan dari ide-ide di sekitar kita, jadi seorang content creator sebenarnya bisa fleksibel memilih tema apa saja yang akan diangkat menjadi sebuah konten. Tetapi perlu diingat, konten semestinya fokus pada tema tertentu seperti traveling, unboxing, kuliner, training, desa, keagamaan, dll. Jangan sampai sebuah channel campur aduk berisi konten dengan tema-tema yang berbeda. Bagi content creator yang sudah besar mungkin tidak masalah membuat konten yang berbeda genre.

Hajar juga menyampaikan bahwa membuat konten harus konsisten sehingga dapat diproduksi secara kontinu. Jadi content creator harus menentukan target tayang supaya produksinya berkelanjutan. Jangan sampai produksi konten hanya musiman dan beberapa saat.

Nonton film Jumilah

Hajar Pamuji bersamapara content creator Pati


Post a Comment

0 Comments