Gus Rozin Dorong Khataman Al Quran Sebagai Aktivitas Rutin di Ipmafa

 


Sebagai bagian dari kegiatan Dies Natalis Ipmafa ke 14, Ipmafa menyelenggarakan khataman al-Quran binnadzar yang diikuti oleh segenap civitas akademika Ipmafa. Kegiatan khataman ini juga menjadi karakter penerapan nilai pesantren di lingkungan perguruan tinggi. Selain khataman juga dilakukan pembacaan manaqib untuk keberkahan dan kelancaran acara.

Gus Rozin sebagai Rektor Ipmafa mengkisahkan bahwa khataman al-Quran sebenarnya merupakan kegiatan rutin yang dulu sudah dilestarikan sejak berdirinya kampus Staimafa. Kemudian sejak terjadi pandemi Covid 19 menyebabkan khataman bersama berhenti sementara waktu. Gus Rozin berharap kegiatan ini dapat lestarikan secara rutin ke depannya, minimal 2 kali dalam 1 semester, atau tiap 2 bulan, atau bahkan bisa tiap 40 hari. Jadi khataman menjadi kegiatan rutinan dan budaya keagamaan yang diharus dijaga oleh Ipmafa sebagai perguruan tinggi pesantren.

Acara khataman ini diikuti secara hidmat oleh semua pihak di lingkungan Ipmafa meliputi rektor dan wakil rektor, Dekan dan Prodi, para dosen dan karyawan, sekaligus para mahasiswa lintas Prodi dari semua angkatan.



0 Comments