Launching Film dan Awarding Festival Sebagai Apresiasi Karya Mahasiswa KPI IPMAFA


Di akhir semester Genap Tahun 2021 ini, Prodi KPI menyelenggarakan Launching Film dan Awarding Festival sebagai ajang penghargaan kepada mahasiswa KPI sekaligus hiburan nonton bareng (Nobar) tiga karya film mahasiswa IPMAFA, Senin (18/7/2022). Judul tiga film yang diputar meliputi Man Rabbuka karya mahasiswa Prodi PBA, kemudian Selawe dan Jalan Tengah yang diproduksi oleh mahasiswa KPI. Dalam kegiatan ini juga dipamerkan karya seni fotografi mahasiswa yang menempel di dinding-dinding aula sebelum para peserta memasuki ruang nobar. 

Acara yang dipandu oleh Lina dan Hafilda ini cukup menghibur para peserta dengan slogannya "Menembus Batas Kreativitas". Karya-karya mahasiswa dalam bentuk film, logo, foto, repostase, dan komunikasi visual lainnya layak diapresiasi agar mahasiswa selalu termotiviasi dalam belajar dan berkarya. Kategori penghargaan KPI Awards ini mencakup one day one script, foto human interest, talkshow, reportase, Desain Komunikasi Visual (DKV), dan TVC.


Setelah pemutaran film diadakan sesi sharing dengan sutradara ketiga film tersebut untuk berbagi pengalaman terkait kegiatan produksi. Ide film sering terinspirasi secara tiba-tiba saat kuliah atau pengalaman-pengalaman pribadi yang terjadi di masyarakat sehingga layak diangkat untuk dijadikan sebuah film.   

Ketua Prodi KPI Isyrokh Fuaidi menyampaikan apresiasinya kepada mahasiswa yang selalu semangat dalam membuat konten-konten kreatif dan penyiaran. Ini menjadi kebutuhan bersama karena saat ini adalah era konvergensi media dimana media komunikasi hadir dalam beragam cara dan tidak bisa dimonopoli oleh satu pemain tertentu. Karya-karya visual saat ini bisa dihadirkan dan disalurkan secara lintas platform digital. Oleh sebab itu, mahasiswa KPI dituntut selalu kreatif-inovatif agar karya-karyanya berkualitas dan dihargai masyarakat.


0 Comments