Ini Pesan Dahlan Iskan Kepada Mahasiswa IPMAFA Dalam Berwirausaha


Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) periode 2011-2014, Dahlan Iskan mengunjungi Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) Kabupaten Pati untuk memberikan kuliah umum atau studium generale kepada mahasiswa (20/11/21). Kuliah umum bertajuk ‘Menumbuhkan Spirit Santripreneur di Era Society 5.0’ dilakukan secara luring dengan mematuhi protokol kesehatan.

Dalam forum tersebut Dahlan berpesan kepada mahasiswa bahwa jiwa kewirausahaan ditentukan oleh kemauan orang itu sendiri, bukan dari buku, pelatihan atau kuliah kewirausahaan. Kemauan yang keras diwujudkan dalam tindakan nyata untuk mencoba dan mencoba tanpa menyerah jika mengalami kegagalan.

Dahlan juga meyakinkan mahasiswa bahwa modal utama dalam wirausaha bukan dari ketersediaan materi atau pendanaan melainkan dari kepercayaan yang harus dibangun dan dilatih terus menerus. Jika seseorang mendapat kepercayaan maka modal yang lain akan mengikuti termasuk modal uang. Terkait kepercayaan, ada beberapa tingkatan dan tingkat tertinggi adalah kepercayaan dalam tatakelola keuangan. Modal berwirausaha juga datang dari berbagai sumber yang sangat beragam dan tidak dari keturunan.

Poin penting lain yang tidak kalah penting adalah mental tangguh yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur sehingga tidak pantang menyerah. Kegagalan-kegagalan yang dialami bukan menjadi penghalang untuk maju dan berkembang lebih baik lagi. Dengan kegagalan itu maka seseorang akan belajar bersikap dan berhati-hati.

Hal yang menarik dari penyampaian materi Dahlan adalah di tiap poin tersebut, Dahlan meminta sejumlah mahasiswa IPMAFA untuk maju ke panggung dan menceritakan pengalaman-pengalaman kewirausahaan yang dialami. 










0 Comments