Pertemuan Dosen Fakultas Dakwah Menjelang Kuliah Semester Genap 2020

 


Para dosen Ipmafa yang mengampu di bawah Fakultas Dakwah dan Pengembangan  Masyarakat melakukan sharing bersama dalam rangka menyiapkan kuliah semester genap tahun 2020 (15/3/2021). Sharing dilakukan secara online dan diisi oleh dekan Fakultas Dakwah Sri Naharin MSI bersama dua Prodi di bawahnya yaitu Prodi PMI dan KPI.

Dalam paparannya, Naharin menyampaikan beberapa evaluasi terkait pelaksanaan kuliah di semester sebelumnya meliputi substansi materi kuliah, kuantitas pertemuan dan tingkat partisipasi mahasiswa. Meski perkuliahan masih dilakukan secara daring tapi para dosen diharapkan tetap menjaga kualitas dan kuantitas perkuliahannya. 

Selain itu, dosen juga memperhatikan tingkat partisipasi mahasiswa agar tetap interaktif dan komunikasi aktif antar dosen dengan mahasiswa. Teknisnya dengan memaksimalkan beberapa media pembelajaran daring seperti Google Meet dan Google Classroom. Dengan terbangunnya perkuliahan yang interaktif maka kualitas dan kuantitas perkuliahan bisa dijaga.  

Dalam forum itu, Naharin juga menjelaskan perkembangan kebijakan kampus dalam perkuliahan. Dalam semester ini (semester genap 2020), perkuliahan masih menerapkan sistem daring secara umum tapi untuk mahasiswa semester 2 dilakukan perkuliahan luring dengan menerapkan protokol kesehatan khusus dan protokol Satgas kampus. 

Selama perkuliahan, dosen diharap memperhatikan jadwal kegiatan di Kalender Akademik agar proses perkuliahan dari awal sampai akhir tidak terkendala meliputi penyampaian materi dan penyelenggaraan ujian tengah dan akhir semester. Fasilitas laboratorium fakultas dakwah juga dapat dimanfaatkan oleh masing-masing dosen untuk mendukung kebutuhan praktikum kuliah.

Terakhir, para dosen diberikan panduan simulasi teknis tentang pemanfaatan media perkuliahan daring dari Google Classroom (GC) dengan pendalaman fitur-fitur di dalamnya. Simulasi diberikan oleh Sekprodi KPI Arif Chasanuddin MPd. Arif menyampaikan bahwa dengan menggunakan GC, banyak hal penting yang bisa dilakukan seperti pembuatan presensi dengan menggunakan google form, pembuatan tugas kuliah, upload materi kuliah, penilaian, sekaligus Prodi dan Fakultas dapat memastikan bahwa perkuliahan dapat terlaksana dengan baik.



0 Comments