6 Tips Penting Agar Lancar Selama Kuliah


Selama kuliah, beberapa hal harus diikuti mahasiswa sesuai aturan kampus atau perguruan tinggi masing-masing agar perkuliahan berjalan lancar. Untuk mahasiswa IPMAFA, beberapa tips berikut dapat diikuti:

  1. Lakukan KRS sesuai jadwal. Hal ini penting karena KRS adalah daftar mata kuliah yang akan diambil dalam satu semester yang sedang berjalan. Tanpa KRS tentu mahasiswa tidak mungkin mendapatkan nilai.
  2. Cek KHS jangan sampai ada nilai yang salah. KHS adalah nilai ujian dalam tiap semester yang biasanya bisa didownload dan dilihat di sistem akademik kampus. Nah jika sampai Anda menemukan nilai matakuliah di KHS ada yang merasa janggal, segera komunikasikan dengan pihak-pihak terkait seperti dosen pengampu atau TU Fakultas.
  3. Lihat perkembangan informasi kampus IPMAFA di website www.ipmafa.ac.id dan https://akademik.ipmafa.ac.id
  4. Simpan dokumen penting berikut:
    • Dokumen KRS tiap semester
    • Dokumen KHS tiap semester
    • Bukti pembayaran tiap semester
  5. Kerjakan tugas kuliah dan ujian dengan baik. Kalau ini hubungannya dengan nilai kuliah. Tugas dan ujian selama kuliah merupakan proses latihan yang harus dilalui mahasiswa, baik ujian tengah semester (UTS) atau ujian akhir semester (UAS) Semuanya penting karena tanpa itu, nilai kuliah tidak akan maksimal.
  6. Jaga komunikasi. Artinya buatlah diri Anda mudah berkomunikasi dengan Prodi atau pihak kampus seperti nomor HP Anda mudah untuk dihubungi dan menjaga etika saat berkomunikasi.
Setidaknya 6 hal di atas agar dapat dilakukan oleh mahasiswa selama kuliah di IPMAFA agar perjalanan kuliah berjalan normal dan lancar. Ingat, kelancaran kuliah menunjukkan kepedulian mahasiswa pada dirinya.

Semoga bermanfaat.

0 Comments