Header Ads

Header Ads

Fakultas Dakwah Dalam Persiapan Review Kurikulum


Kurikulum menjadi salah satu komponen vital dalam sistem pendidikan perguruan tinggi. Dari kurikulum dapat diketahui arah kompetensi lulusan dan output lembaga yang dibutuhkan oleh masyarakat dan para stakeholder. Oleh sebab itu, Fakultas Dakwah Ipmafa terdiri dari struktur Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) dan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) melakukan persiapan terkait langkah-langkah awal dalam program review kurikulum (12/2/2020).

Persiapan ini penting agar tahapan-demi tahapan review kurikulum dapat dilakukan dengan baik sekaligus hasil yang diperoleh sesuai dengan visi-misi Prodi dan lembaga Ipmafa. Di kegiatan persiapan ini diisi oleh Dr. Agus Syakroni, Dekan Fakultas Tarbiyah.

Agus menjelaskan terkait tahapan-tahapan yang harus dilalui dalam proses review kurikulum program studi. Tahapan ini meliputi proses analisis, desain, pengembangan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum. Review kurikulum dimulai dari hal yang paling dasar yaitu landasarn filosofis, sosiologis, psikologis, historis dan yuridis.

Penetapan profil lulusan juga menjadi penting dan diharapkan sesuai kebutuhan masyarakat jaman sekarang. Kurikulum yang lama sudah seharusnya dilakukan beberapa revisi dan reorientasi karena adanya perubahan dinamika dan perilaku masyarakat yang jauh berbeda dengan jama dahulu. Dengan demikian lulusan perguruan tinggi dapat diterima masyarakat baik dari sisi lapangan kerja maupun sosial.