Header Ads

Header Ads

SDM Unggul Mutlak Dibutuhkan di Era Jaman Now


Perubahan di dunia industri, teknologi, dan budaya semakin cepat, rumit dan tidak bisa diprediksi.
Oleh sebab itu SDM unggul merupakan misi utama presiden Jokowi dalam membangun sistem pendidikan dalam negeri yaitu mencetak pemimpin-pemimpin masa depan. SDM unggul ini dibutuhkan karena saat ini dunia sedang memasuki era dimana hal-hal yang sifatnya formal dan menunjukkan kualitas tetapi saat sudah mulai dipertanyakan.

Era saat ini menunjukkan bahwa gelar tidak menjamin kompetensi, kelulusan tidak menjamin berkarya dan kesiapan bekerja, akreditasi tidak menjamin mutu, masuk kelas tidak menjamin belajar. ini hal-hal yang harus segera disadari dan diakui.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Nadiem Makarim menjelaskan bahwa saat ini ada dua paradigma yang diusung pemerintah yaitu kemerdekaan belajar dan menjadi guru penggerak. Kemerdekaan belajar ini merupakan paradigma baru dimana pemerintah akan memilih untuk memberikan kepercayaan dan otonomi kepada lembaga pendidikan dalam kegiatan belajar mengajarnya. Lembaga pendidikan termasuk perguruan tinggi dibebaskan dari birokrasi yang menghalangi berkembangnya proses pembelajaranya siswa/mahasiswa. Mahasiswa juga diberi kebebasan dalam belajar, menjari ilmu dan guru, dan bebas menentukan apa akan dipelajari.

Sementara menjadi guru atau dosen penggerak adalah guru bukan sosok yang memberikan ceramah dan ilmu yang dimiliki di kelas tetapi mereka yang mampu memfasilitasi proses belajar siswanya. Guru penggerak adalah yang mampu menghubungkan link dan mendatangkan ahlinya sehingga ilmu yang dipelajari sesuai kompetensinya.