Mahasiswa Baru Tahun 2023 Diberi Pembekalan Kefakultasan dan Keprodian

0

Mahasiswa Baru tahun 2023 sudah beraktivitas di kampus Ipmafa. Kegiatan pertama yang wajib diikuti oleh mahasiswa baru adalah Pelatihan Succes Skill Mahasiswa Baru (PSSMB) yang berisi berbagai rangkaian kegiatan pembekalan dan pengenalan kampus. Salah satu kegiatan tersebut adalah terkait Fakultas dan Prodi. Maka Dekan dan Prodi memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru terkait Prodi PMI dan KPI, Senin (28/8/2023). Hadir dalam forum tersebut Dekan Fakultas Dakwah dan Pengembangan Masyarakat, Ibu Sri Naharin MSI, Kaprodi PMI Ibu Nur Khoiriyah MSos, dan Kaprodi KP Isyrokh Fuaidi LLM.

Sri Naharin memberikan brainstorming dan mengajak para mahasiswa baru untuk memiliki niat dan komitmen yang kuat sebagai mahasiswa di Institut Pesantren Mathaliul Falah (IPMAFA). Menjadi mahasiswa di IPMAFA tentu akan banyak halangan dan ujian sehingga membutuhkan keteguhan sikap dan kedewasaan. Prodi dan Fakultas terbuka untuk sharing konsultasi dan komunikasi kepada semua mahasiswa.

Sri Naharin juga menyampaikan bahwa Fakultas Dakwah sesuai dengan pesan pendiri IPMAFA, KH Sahal Mahfudz, bahwa menjadi baik itu mudah, dengan hanya diam maka yang tampak adalah kebaikan. Yang sulit adalah menjadi bermanfaat, karena itu butuh perjuangan. Di Fakultas Dakwah adalah wujud implementasi tujuan diciptakannya manusia yakni ada dua hal yaitu pertama: sebagai hamba Allah yang taat beribadah, dan kedua: sebagai kholifah fil ardh dalam konteks keberadaan manusia memberikan kontribusi dan manfaat. 

Menjadi mahasiswa PMI dan KPI memiliki tugas berdakwah kepada manusia sesuai dengan zamannya. "Kita semua adalah pelaku perubahan terkait banyak persoalan yang terjadi saat ini seperti masalah sosial, kemiskinan, ekonomi, kemerosotan moral, kebodohan, pemberdayaan ekonomi, kesetaraan gender, perdamaian dan lain sebagainya." terangnya.

Sedangkan dakwah saat ini harus disesuaikan dengan kondisi masyarakat dan zamannya. Di era teknologi seperti ini dakwah tidak hanya dilakukan melalui podium dan panggung, melain lebih kompleks dan fleksibel. Dakwah di Prodi PMI dapat dilakukan dengan berbagai macam cara dan tindakan (dakwah bil hal), demikian pula Prodi KPI yang lebih fokus pada penguasaan media komunikasi. Dakwah sekarang ini berkaitan dengan banyak askep dan skill seperti digital literacy, artificial intelligence, skill tekbologi, leadership, teamwork. Sebagai mahasiswa di IPMAFA, hal penting lain yang juga tidak boleh ditinggalkan adalah nilai-nilai pesantren yang menjadi budaya dan perilaku di lingkungan IPMAFA.

Selanjutnya Kaprodi PMI Nur Khoiriyah dan Kaprodi KPI Isyrokh Fuaidi, menyampaikan terkait visi-misi prodi dan hal-hal lain terkait penguatan kompetensi Prodi di Fakultas Dakwah dan Pengembangan Masyarakat.
0

No comments

Post a Comment

IG IPMAFA

blogger

DON'T MISS

Podcast, Video, HMPS
KPI IPMAFA © all rights reserved
Designed by KPI Studio