Yuk Intip Suka Duka KKK di Jawa Pos Radar Kudus


Pelaksanaan praktek Kuliah Kerja Komunikasi (KKK) bagi mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) IPMAFA semester 7 menjadi hal yang sangat penting. Di praktek ini kita sebagai mahasiswa dituntut untuk menggali potensi diri dari apa yang telah dipelajari selama 6 semester terakhir. Di  praktek KKK kita akan belajar dan mengembangkan potensi tersebut di dunia kerja, merasakan bagaimana rasanya masuk di dunia kerja sesuai dengan potensi yang ada dalam diri kita.

Kali ini saya Dzikrina Abdillah dan teman saya Erna Mulyani sedang melakukan praktek KKK di bidang jurnalistik bertempat di Jawa Pos Radar Kudus. Lokasinya di Jalan Lingkar Utara, Bacin, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. Terhitung kami telah melakukan KKK selama 30 hari atau setengah perjalanan dari jadwal kami melakukan KKK.

Selama satu bulan di Jawa Pos Radar Kudus kami ditempatkan di bagian publikasi dan pembuatan berita nasional untuk website radarkudus.com. Banyak pelajaran yang kami dapat selama pelaksanaan KKK di Jawa Pos Radar Kudus tentang bagaimana cara membuat berita dengan baik dan benar seperti, membuat judul berita, penentuan foto, topik berita menarik, dan bagaimana agar berita yang kita tulis mampu mendapatkan banyak views.

Saya pribadi yang pernah beberapa kali membuat berita mendapat banyak hal hal baru yang bisa saya jadikan referensi dan evaluasi kedepannya dalam dunia kepenulisan berita. Hal-hal yang awalnya saya pikir harus dilakukan seperti pembuatan judul berita yang kaku dan monoton, di Jawa Pos Radar Kudus saya mulai belajar membuat judul berita yang sensasional dan menarik untuk dibaca dengan menyesuaikan selera pembacanya. Hal itu membuat saya merasakan sensasi berbeda ketika saya membuat berita yang sensasional dan mendapat banyak views. 

Diproses ini saya menyadari bahwa teori dan praktek di lapangan dalam penulisan berita sedikit berbeda, dan satu hal yang saya mulai tekankan praktek saya adalah “tujuan menulis berita hanya menyampaikan informasi saja itu tidaklah cukup, karena untuk apa berita dibuat kalau itu tidak menarik pembaca”

Pengalaman menarik yang saya dapatkan saya dapatkan selama satu bulan KKK di Radar Kudus salah satunya adalah ketika menulis tentang berita terbaru atau peristiwa baru yang membuat jiwa saya seperti terpacu untuk segera menulis dan menyampaikan berita tersebut kemudian mencari lagi dan lagi informasi dari sudut pandang yang lain. Salah satunya saat terjadi gempa di Cianjur, Jawa Barat, saat itu informasi hanya sebatas postingan singkat BMKG dan keterangan dari beberapa warga Twitter. Kejadian itu membuat saya berupaya dan terpacu untuk mencari referensi dan keterangan resmi dari banyak sumber, itu menjadi hal yang sangat menarik bagi saya yang menyukai dunia jurnalistik.

Tentunya banyak lagi cerita cerita menarik yang saya dapat selama pelaksanaan praktek KKK di Jawa Pos Radar Kudus, dan hal baik lainnya kami akan segera dipindahkan di bagian cetak berita, semoga di tempat baru ini kami bisa terus belajar dan menambah pengalaman yang nantinya bisa berguna bagi kami dan juga orang orang di sekitar kami.

- Laporan kegiatan dari Dzikrina Abdillah dan Erna Mulyani yang sedang melakukuan KKK 2022

0 Comments