KKK KPI Ipmafa Produksi Konten Inspiratif Wirausaha


Kuliah Kerja Komunikasi (KKK) merupakan mata kuliah yang mewajibkan mahasiswa berpartisipasi nyata dan langsung dalam kegiatan kerja profesional pada satu perusahaan tertentu yang berkaitan dengan skill mahasiswa KPI. Tempatnya bisa di lembaga-lembaga atau institusi komunikasi seperti stasiun TV, stasiun radio atau untuk saat ini dapat dilakukan di Rumah Produksi (Production House) dengan durasi waktu kurang lebih satu setengah bulan. KKK dikelola sepenuhnya oleh Program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam sebagai proses perkuliahan reguler.

Tiga dari tiga belas mahasiswa KPI berkesempatan melaksanakan KKK di In Motion Creative Studio Pati. In Motion Creative Studio merupakan salah satu Studio fotografi yang berlokasi di Pati, namun bukan hanya berfokus pada foto konsep seperti wedding, prewedding, yearbook, ulang tahun, dll. Di In Motion juga memproduksi video inspiratif melalui kanal YouTube nya 'Metamorfosis' yang berisi konten tentang bermacam-macam wirausahawan muda.

Kali ini mahasiswa KKK KPI memdapat bagian dalam produksi konten inspiratif tentang wirausaha dan berkesempatan melaksanakan wawancara dengan bapak Wawan Haryono, salah seorang petani kelapa kopyor di desa Ngagel Kecamatan Dukuhseti (30/11/2022). Ia adalah salah seorang yang menginisiasi masyarakat sekitar untuk menanam kelapa kopyor untuk dijadikan produk unggulan dari desa Ngagel. Wawan sudah menjual ke luar daerah seperti Jakarta, Bandung, Semarang bahkan ke luar negerike Australia.

Belakangan ini, Wawan bukan hanya fokus pada produksi kelapa kopyor namun juga bermitra dengan masyarakat sekitar untuk menanam beras organik juga gula dari sari ketela untuk dijadikan produk unggulan dari desa ngagel.Saran dari beliau untuk para anak muda yang ingin mulai berwirausaha, jangan pernah takut gagal karena di umur yang masih muda tak ada salahnya untuk gagal dan mencoba lagi.

0 Comments