KKK Sambil Kerja

Kuliah Kerja Komunikasi (K3) biasa dilakukan oleh mahasiswa KPI IPMAFA di semester 6 untuk mengasah skill praktis mereka di industri broadcasting, production house (PH) atau perusahaan-perusahaan yang relevan. Dengan K3 mahasiswa diharapkan dapat berpartisipasi aktif dan praktek langsung dalam kegiatan penyiaran secara profesional. K3 di prodi lain sering diistilahkan dengan praktek pengalaman lapangan (PPL) atau praktek kerja lapangan (PKL). 

Meski ini menjadi kewajiban akademis yang harus diikuti, bagi sebagian mahasiswa kegiatan ini dapat dilakukan secara menarik dan menghibur, bahkan bisa menguntungkan secara ekonomis. Dengan memilih tempat K3 yang nyaman sesuai kompetensi dan minat, mahasiswa dapat memilih tempat praktek yang sedang membutuhkan tenaga lepas dan memberikan insentif selama kerja. Jadi sebagian perusahaan dan lembaga ada yang menyediakan kesempatan magang dalam waktu tertentu dan diberikan gaji selama aktif bekerja. Ibaratnya seperti mahasiswa melakukan K3 sebagai kewajiban akademik sambil kerja karena mendapatkan pemasukan secara finansial, meski waktunya hanya beberapa bulan. Tentu tidak semua perusahaan dan lembaga membuka lowongan seperti ini dan mereka tentu akan melakukan seleksi terkait kompetensi dan skill yang dibutuhkan.

Beragamnya tempat yang bisa dijadikan praktek K3 tentu akan memudahkan para mahasiswa untuk memilih tempat yang tepat dan layak. Ada PH, stasiun TV dan radio, atau berbagai biro periklanan seperti digital marketing agency, branding agency, advertising agency, dst. Semua itu tidak hanya bisa menambah pengalaman dan skill penyiaran dan komunikasi, tetapi bisa juga memberikan pemasukan tambahan secara ekonomis, menarik bukan!

0 Comments