Jadi Narasumber Dalam Seminar Digital Talent, Mahasiswa KPI IPMAFA Dorong Selalu Kreatif Di Era Digital

Tantangan di era digital yang semakin dinamis menuntut kreativitas mahasiswa untuk mampu bersaing. Terlebih lagi bagi mahasiswa Prodi managemen. Selain menambah skill, mempelajari desain grafis sebagai bagian dari produk digital marketing dapat mendukung aspek-aspek pembelajaran yang diajarkan di bangku perkuliahan. Demikian yang disampaikan Taufiq Sholeh As Syukroni, pemateri dalam Seminar dan Kepelatihan Digital Talent, Sabtu (21/05/2022).

Seminar ini diselengagrakan oleh HIMA Prodi Manajemen Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) dengan tema " Meningkatkan Kreativitas Melalui Desain Grafis di Era Digital". Kegiatan ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang perlu dibekali dengan berbagai kesiapan dalam menghadapi dan beradaptasi dengan teknologi digital. Adanya pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan dalam mengembangkan digital talent dalam organisasi.

Pemateri, Taufiq Sholeh, merupakan owner brand T Design yang berprofesi sebagai desainer grafis, sekaligus aktif sebagai mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) di Ipmafa Pati. 

Ika Indriasari MSi selaku Ketua Prodi Manajemen UPGRIS menyampaikan mahasiswa perlu meningkatkan kreativitas di bidang desain grafis agar mahasiswa tidak hanya menguasai materi namun juga mampu menguasai skil teknis desain grafis untuk menunjang diri pribadi maupun untuk kebutuhan organisasi.

Adapun materi utama yang disampaikan oleh taufiq sholeh meliputi dasar-dasar desain grafis, pengenalan tool-tool desain dan praktik desain grafis. Di tengah-tengah praktik Taufiq memberikan wawasan terkait penggunaan aset grafis dan font karena tidak semua berlisensi free for comercial use bisa digunakan untuk kebutuhan promosi. Selain itu juga mengenalkan website  penyedia aset grafis dan font free for comercial use agar mahasiswa tidak salah dalam melengkapi desainnya.

Taufiq juga menyampaikan bagaimana cara mengelola konten di media sosial dan cara kerjanya. Perlunya membangun sebuah tim konten social media management meliputi Copywriter, Content Planner, dan Graphic Designer. Dengan adanya tim ide konten yang sudah direncanakan akan mudah di eksekusi.

Di akhir sesi Taufiq menuturkankan bahwa PR utama kita setelah menguasai teknik-teknik dasar design grafis adalah konsisten untuk terus mengembangkan dan upgrade skill desain grafis. Karena pada dasarnya ide dan kreatifitas dapat berkembang atas kemauan diri sendiri.




0 Comments