Refleksi Spirit Mbah Sahal Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

 


KH Sahal Mahfudz dikenal sebagai ulama yang pakar dalam bidang ilmu agama, khususnya ilmu ushul fikih, faraidh, fikih dan berbdagai bidang keilmuan yang lain. Tetapi banyak yang tidak diketahui oleh masyarakat umum bahwa Kyai Sahal juga aktif dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat yang diinisiasi sejak tahun 1979 dengan membangun Biro Pengembangan Pesantren dan Masyarakat Pesantren Maslakul Huda (BPPM PMH). 

Sejarah dan gagasan BPPM ini muncul dari kegelisahan Kyai Sahal untuk merespon permasalahan-permasalahan yang terjadi di masyarakat sehingga harus diakomodir secara kelembagaan. Hal ini disampaikan oleh Tutik Nurul Jannah pada diskusi Forum Kamisan PUSAT FISI IPMAFA Pati, Jumat (15/7/2022).

Sejumlah permasalahan menjadi perhatian Kyai Sahal terkait persoalan ekonomi, lingkungan dan kesehatan. Biro tersebut merespon dengan membuat program aksi yang diwujudkan dalam pendampingan dan penguatan ekonomi. Pada saat itu BPPM bersinergi dengan LSM LP3ES dan terdapat 119 Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang bergabung mengikuti program Biro dan tersebar di Kabupaten Pati, Jepara dan Kudus.

Salah satu persoalan serius yang dihadapi masyarakat waktu itu adalah terkait akses permodalan, kesehatan . Oleh sebab itu KSM yang mengikuti program BPPM selain mendapat fasilitas pendampingan intensif selama setahun juga memperoleh pinjaman bergulir yang sesuai ketentuan Biro. KSM juga mengikuti kegiatan-kegiatan pendampingan lain yang diselenggarakan BPPM.

0 Comments