Setiap orang akan terus belajar untuk memenuhi pengetahuannya, karena kehidupan adalah sebuah proses pembelajaran. Dan ada banyak cara dan jalan bagi kita untuk memperoleh ilmu pengetahuan yang dibutuhkan, misalnya kegiatan studi tour untuk menunjang pembelajaran di perkuliahan.
Seperti kegiatan yang dilakukan oleh Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Institut Pesantren Mathali'ul Falah (IPMAFA) pada hari Rabu, 18 Mei 2017 yaitu mengadakan study tour untuk praktikum mata kuliah Komunikasi Antar Budaya bagi seluruh mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam IPMAFA. Moh. Nurul Kamal selaku ketua panitia study tour mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan yang pertama kali diadakan oleh Program Studi KPI IPMAFA dalam rangka menunjang kegiatan perkuliahan
Kegiatan study tour dilaksanakan dengan diikuti oleh 18 mahasiswa KPI dari semester dua dan empat serta satu dosen pembimbing mata kuliah Komunikasi Antar Budaya yaitu Bapak Faiz Aminuddin, MA. Beliau mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat penting dilakukan, karena mahasiswa tidak hanya menerima teori dari kelas, tapi juga mengetahui realitas di lapangan, harapnnya mahasiswa mampu berkomunikasi dengan orang-orang dengan latar belakang budaya yang beragam  dari berbagai negara di dunia.
Study tour ini berlangsung selama satu hari dengan mengunjungi tempat wisata Candi Prambanan Yogjakarta. Di sana, mahasiswa mengasah kemampuan bahasa Inggris yang telah dikuasai. Mereka melakukan pendekatan dan berbincang-bincang dengan para turis yang berasal dari berbagai negara di dunia seperti Jerman, Belanda dan lainnya.
Titta Latifiah, salah seorang mahasiswa KPI yang mengikuti study tour mengungkapkan,  banyak pengalaman yang didapat dari kegiatan ini, mulai dari mengasah mental hingga berekspresi di depan turis yang belum ia kenal. Sehingga ia mendapatkan pengalaman yang berhrga dalam memperdalam ilmu komunikasi yang digelutinya.
Share To:

Post A Comment:

0 comments so far,add yours