Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IPMAFA melaksanakan Workshop Kurikulum untuk menghadapi era digital pada Sabtu (20/8). Acara yang berlangsung sehari penuh itu menghadirkan Muzzayin Nazaruddin MA, seorang pakar komunikasi sekaligus Kaprodi PMI Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Hadir dalam acara itu Wakil Rektor 1 bidang akademik, A. Dimyati, Dekan Fakultas dakwah IPMAFA, Sri Naharin MSI, Sekprodi KPI, Kaprodi PMI Faiz Aminuddin MA serta sejumlah dosen dari Fakultas Dakwah.

Diselenggarakannya Workshop kurikulum untuk mengevaluasi kurikulum KPI yang sudah ada dan untuk memperluas jejaring komunitas KPI IPMAFA dengan Prodi Ilmu Komunikasi lain seperti UII. “Dalam kesempatan ini dibahas beberapa hal termasuk perampingan jumlah SKS sesuai kompetensi yang dibutuhkan. Selain itu kita juga mengevaluasi beberapa hal terkait kurikulum KPI yang sesuai dengan kebutuhan era digital” paparnya.

Sementara Muzayyin mengelaborasi banyak hal terkait standar KKNI yang perlu dipenuhi dalam lingkup kurikulum KPI. Standar tersebut mencakup empat kompetensi yang berkaitan dengan sikap atau attitude, pengetahuan, keterampilan umum dan keterampilan khusus.

“Untuk mempermudah perumusan sebuah kurikulum, kita dapat melakukannya dengan mapping (pemetaan) beberapa hal yang disesuaikan dengan visi-misi IPMAFA meliputi attitude (sikap), knowledge (pengetahuan), ketrampilan umum serta ketrampilan khusus. Setelah itu dilakukan breakdown pada matakuliah sesuai rasio bobot SKS yang dibutuhkan pada masing-masing kompetensi” paparnya.

Ahmad Al Wajieh, salah satu dosen KPI berharap hasil dari workshop ini segera dapat  diimplementasikan dalam bentuk model dan metode pembelajaran sehingga para mahasiswa dapat mandiri dengan membuat sebuah tim kreatif yang didukung materi perkuliahan dan praktek langsung.
Share To:

Post A Comment:

0 comments so far,add yours