Dalam rangka menyambut bulan ramadhan, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Institut Pesantren Mathali’ul Falah (KPI IPMAFA), menyelenggarakan acara Da'i Muda on the air. Program acara ini dimulai dari hari Sabtu 7 mei 2016 yang mana peserta diberi pembekalan terlebih dahulu oleh mentor yang juga pakar dakwah nasional Bapak A. Zaenurrosyid, SHI, MA sebelum dilakukan recording/perekaman. Pembekalan diikuti oleh mahasiswa fakultas dakwah, fakultas tarbiyah dan fakultas syariah.

“Acara ini terselenggara sebagai respon dari keinginan aktualisasi mahasiswa untuk berbagi kebaikan dengan berdakwah namun belum menemukan media yang tepat. Sehingga Prodi KPI mencoba untuk menjembatinya dengan bekerja sama dengan Radio PAS FM PATI”, kata Arif Chasannudin sebagai Sekretaris Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IPMAFA.

Program ini sebagai ajang pengenalan da'i da'iyah yang ada di kampus IPMAFA untuk berkenalan dengan media dan audience yang sesungguhnya. Bekerjasama dengan Radio Pas FM Pati yang sudah mempunyai ribuan audience menjadikan program ini sebagai ajang prestisius untuk branding mengenalkan skill dakwah para mahasiswa kepada masyarakat.

Seluruh proses dalam produksi program acara ini langsung ditangani sendiri oleh mahasiswa KPI sendiri, mulai dari penyiapan pemateri, perekaman, editing hingga mixing. Dan semuanya dilakukan di laboratorium studio penyiaran IPMAFA. Ini menunjukan bahwa mahasiswa KPI sudah mempunyai keberanian untuk menunjukan kompetensinya di masyarakat, demikian Arif menambahkan.

Proses rekaman sendiri diikuti oleh 35 peserta dan masing-masing peserta membawakan tema yang berbeda. Program da'i muda IPMAFA disiarkan di radio Pas FM Pati dengan frekuensi 101 FM dan juga bisa diakses melalui live streaming radio www.pasfmpati.com selama bulan ramadhan pukul 13.30 dan 18.30 WIB.

Ibnul Barik Nur selaku penanggungjawab menyampaikan: " Program seperti ini harus dilaksanakan secara continue untuk mengenalkan kepada masyarakat potensi mahasiswa IPMAFA dalam hal dakwah sehingga nanti ada feedback dari masyarakat untuk lebih  mengenal IPMAFA". Sementara Nur Inayatul Husna selaku operator rekaman mengungkapkan " Kepercayaan media radio kepada IPMAFA harus kita maintenance dalam waktu-waktu mendatang. Ini terlihat dari penyiaran program ini yang di putar dua kali dalam sehari ".

Diharapkan kerjasama ini dapat berlangsung terus dan tidak berhenti hanya pada bulan puasa saja. Sehingga mahasiswa prodi KPI IPMAFA bisa ikut andil terus dalam menabur kebaikan di masyarakat dengan jangkauan yang lebih luas. Demikian harapan dari Nasrul sebagai mahasiswa KPI yang sangat antusias dengan adanya program acara ini.


Share To:

Post A Comment:

0 comments so far,add yours