Perkembangan era komunikasi digital banyak mengalami perubahan yang cukup pesat, salah satunya di bidang audio. Oleh karena itu, Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam IPMAFA menyelenggarakan acara “Pelatihan Produksi Konten Audio” dengan sasaran kegiatan dakwah di kampus IPMAFA. Acara yang berlangsung pada hari Jumat (8/04/16) itu diisi oleh Hariyanto AR, mahasiswa KPI IPMAFA sekaligus jurnalis senior PAS FM. 
Acara tersebut berisi materi mengenai pengenalan dan pengembangan kualitas produksi konten audio semaksimal mungkin. Menurut Hariyanto, produksi konten audio terdiri dari tiga hal, yaitu recording (rekaman), mixing (pengolahan) dan mastering (kontrol kualitas audio). Selain itu, dibutuhkan cara berpikir bahwa olah audio itu tidak sesulit yang dibayangkan.
“Seringkali yang menjadi kelemahan sebuah film maupun video terletak pada audio, karena sebagian orang berpendapat bahwa mengolah audio itu susah dan rumit,” kata Hariyanto.
Tujuan dari adanya pelatihan ini adalah untuk menindaklanjuti kerjasama dengan PAS FM Pati pada bulan Ramadhan, yakni mahasiswa KPI siap memberikan sumbangsih karya audio berupa kultum yang nantinya akan diputar selama satu bulan penuh.
Reaksi antusiasme tampak terlihat dari wajah beberapa mahasiswa prodi lain yang ingin tahu secara mendalam mengenai audio. Sering dijumpai lontaran pertanyaan mulai dari apa saja komposisi yang terdapat dalam pengolahan audio supaya dapat diterima oleh masyarakat hingga petunjuk praktis ketika ditemukan kesalahan teknis.
Sebagai penutup, Harianto menekankan bahwa yang perlu diperhatikan dalam mengolah audio itu harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
Menurut keterangan beberapa peserta pelatihan seperti Ibnul dan Rujhan, mengolah audio tidak begitu sulit seperti yang dibayangkan dan sangat mudah untuk mempelajarinya. Hal ini diamini pula oleh Nur Inayah dan Kamal yang tidak sabar ingin segera memproduksi konten audio sendiri dalam bentuk berbeda, misalnya musikalisasi puisi religi. 
Share To:

Post A Comment:

0 comments so far,add yours